Film Soekarno Gagal Jadi Wakil Indonesia di Piala Oscar 2015

Selasa, 23 Desember 2014 10:00
Film Soekarno Gagal Jadi Wakil Indonesia di Piala Oscar 2015Film Soekarno @waspada.co.id
Tampaknya Indonesia saat ini harus berbesar hati karena film Soekarno gagal bersaing dalam ajang penghargaan film dunia, Piala Oscar 2015. Soekarno yang merupakan satu-satunya wakil dari Indonesia dinyatakan tersisih.

Academy of Motion Pictures, Arts and Sciences (AMPAS) baru mengungkap 9 film yang sukses menjadi nominasi Best Foreign Language Film Piala Oscar 2015. Namun sayang film garapan sutradara Hanung Bramantyo ini tidak termasuk dalam daftar 9 besar.

Terlebih karena tidak ada satu pun film Asia yang masuk di daftar 9 besar kategori Best Foreign Language Film. Berdasarkan 9 film yang masuk nominasi, 6 di antaranya adalah film Eropa, 2 film Amerika, dan 1 film Afrika.

Tahun ini 83 negara diberi kesempatan mengirim 1 filmnya pada AMPAS untuk diseleksi 100 anggota AMPAS di Los Angeles sejak pertengahan Oktober sampai 15 Desember lalu. Dari hasil seleksi didapatkan 6 judul film dengan perolehan suara tertinggi digabung dengan 3 film pilihan komite khusus yang kemudian jadi kandidat nominasi.

Inilah daftar film yang masuk kandidat nominasi Best Foreign Language Film di Piala Oscar 2015:

1. Wild Tales (Argentina)
2. Tangerines (Estonia)
3. Corn Islan (Georgia)
4. Timbuktu (Mauritania)
5. Accused (Belanda)
6. IDA (Polandia)
7. Leviathan (Rusia)
8. Force Majeure (Swedia)
9. The Liberator (Venezuela)
(hdk)
Komentar