Hasil Tes Rendah, Kahiyang Ayu Tidak Lolos CPNS 2014

Senin, 22 Desember 2014 11:45
Hasil Tes Rendah, Kahiyang Ayu Tidak Lolos CPNS 2014Kahiyan Ayu saat wisuda didampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana @tribunnews.com

Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dinyatakan tidak lolos CPNS 2014. Kahiyang diketahui memiliki hasil tes jeblok di Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Kegagalan Kahiyang ini menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PAN RB), Yuddy Chrisnandi, menunjukan setiap peserta CPNS memiliki kesempatan yang sama tidak melihat latar belakangnya.

"Putri Presiden saja tidak lulus, dan Presiden tidak membantunya," ungkap Yuddy di Purwakarta seperti dikutip oleh Republika.

Yuddi menambahkan, tes CPNS dilangsungkan sangat ketat, sehingga PNS yang berhasil terjaring merupakan diisi orang terbaik yang mampu bersaing dengan ribuan calon lainnya.

Sementara itu, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja menjelaskan perihal standar kelulusan dalam TKD CPNS tahun 2014 ini. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 29/2014. Di mana Nilai Tes Karekteristik Pribadi (TKP) minimal 126, Nilai Tes Intelegensia Umum (TIU) minimal 75, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) paling rendah 70.

Adapun Kahiyang memiliki nilai total 300 dengan rincian tes Wawasan Kebangsaan dengan 50 poin, Tes Intelegensia Umum 95, dan Tes Karakteristik Pribadi mencapai 155. Kahiyang menjadi salah satu peserta dengan hasil tes terendah dan dinyatakan tidak lolos CPNS 2014.

(Nay)
Komentar