Putin Tuding Anjloknya Harga Minyak Karena Konspirasi Amerika dan Arab Saudi

Jum'at, 19 Desember 2014 10:45
Putin Tuding Anjloknya Harga Minyak Karena Konspirasi Amerika dan Arab SaudiVladimir Putin @telegraph.co.uk

Presiden Rusia Vladimir Putin mengendus adanya permainan antara Amerika dan Arab Saudi di balik anjloknya harga minyak mentah dunia. Meski demikian, Putin belum mengonfirmasi secara pasti hal ini.

Putin mengungkapkan, ada pembicaraan terkait masalah tersebut sebelumnya. "Beberapa orang mengatakan ada konspirasi antara Arab Saudi dan AS untuk menghukum Iran atau menekan perekonomian Rusia atau untuk mengarahakan dampaknya pada Venezuela," ujar Putin seperti dikutip dari Russian News Agency, Kamis (18/12).

Putin menambahkan, asumsinya tersebut berdasarkan perhitungan biaya produksi shale-oil dan shale-gas saat ini nyaris nol. "Jika tingkat ini terus, semuanya akan berantakan (dalam produksi shale-oil) dan harga akan mulai naik," katanya. "Tapi kita tidak bisa mengatakan ini dengan keyakinan seratus persen."

Ia menduga kuat ada peranan Administrasi AS dan produsen utama minyak di balik fenomena tersebut. Menurutnya, Washington memperlakukan investasi dalam produksi shale-oil oleh perusahaan swasta.

(Nay)
Komentar