5 Tips Menghemat Baterai di iOS 8

Jum'at, 19 Desember 2014 08:00
5 Tips Menghemat Baterai di iOS 8ilustrasi @evasionjailbreak.org

Pengguna iPhone 4S hingga iPhone 6 Plus dapat menikmati sistem operasi terbaru Apple iOS 8 di Gadgetnya. Di tengah bermacam fitur andalan iOS 8 yang menarik dan memanjakan mata, beberapa user mengeluhkan penggunaan baterai yang boros.

Untuk itu diperlukan beberapa cara khusus untuk tetap menikmati fitur andalan iOS 8 dengan baterai yang lebih tahan lama. Berikut 5 tips yang bisa Anda terapkan:

Location Services

Terdapat beberapa aplikasi yang membutuhkan layanan Location Services. Aplikasi ini membutuhkan daya baterai lebih untuk mencari dan terus mengupdate lokasi Anda. Jadi disarankan untuk mengecek aplikasi yang membutuhkan Location Services tersebut dan mematikan fitur tersebut. pilih menu Settings-> Privacy -> Location Service, kemudian tinggal Anda disable semua aplikasi yang membutuhkan layanan tersebut.

Untungnya, di iOS 8 tersedia fitur bernama While Using The App. Dimana fitur ini hanya akan menjalankan aplikasi ketika dibuka dan akan langsung mati ketika aplikasi di tutup. Caranya cukup buka Settings -> Privacy -> Location Service kemudian klik pada aplikasi yang Anda pilih, lalu terdapat dua pilihan, yaitu Never" dan While Using App.

Baterai Usage

Rajinlah melihat aplikasi mana sajakah yang mengonsumsi baterai paling banyak. Caranya mudah, yakni masuk aplikasi Settings > General > Usage > Battery Usage. Nantinya, Anda dapat melihat penggunaan baterai berdasarkan aplikasi. Aplikasi yang membutuhkan baterai lebih banyak biasanya selalu terhubung dengan internet dan memiliki notifikasi yang berlebihan.

Background App Refresh

Tips ketiga yaitu melakukan Background App Refresh. Aplikasi seperti Facebook merupakan aplikasi penyedot daya baterai smartphone utama. Untuk itu sebaiknya Anda mematikan aplikasi tersebut agar tidak tetap berjalan di background. Caranya, uka pada Settings -> General -> Background App Refresh. Kemudian tinggal digeser ke posisi mati.

Matikan Auto Downloads

Fitur Auto Downloads digunakan untuk membuat perangkat Anda selalu mengunduh pembaruan dari aplikasi. Inilah yang membuat Anda secara tak sadar selalu mengupdate aplikasi-aplikasi terbaru. Untuk menghematnya silahkan Anda ke Settings > iTunes & App Store lalu scroll ke bagian Automatic Download lalu matikan.

Push Mail

Push Mail juga merupakan aplikasi penyedot baterai smartphone. Hal ini dikarenakan aplikasi ini selalu aktif mengupdate email yang masuk. Jika Anda tak begitu menggunakan fitur tersebut, sebaiknya segera menuju ke Settings > Mail,Contact dan Calendars.

(okta)
Komentar