Denmark Klaim Miliki Kutub Utara

Rabu, 17 Desember 2014 20:45
Denmark Klaim Miliki Kutub UtaraKapal selam Denmark menjelajah Kutub Utara @independent.co.uk

Menteri Luar Negeri Denmark, Martin Lidegaard di hadapan PBB mengklaim jika Kutub Utara masuk wilayahnya sebab satu daratan dengan Greenland yang merupakan daerah otonomi khusus Denmark.

Namun, upaya Denmark dipastikan akan menemui kendala sebab Kutub Utara juga diperebutkan oleh Kanada dan Rusia. Oleh sebab itu, negara-negara di kawasan Artik sepakat membawa permasalahan ini agar diputuskan oleh PBB.

Disinyalir motivasi perebutan Kutub Utara terutama di kawasan memanjang Lomonosov sepanjang 1.800 Km di bawah permukaan laut yang memisahkan Artic menjadi dua bagian. Kawasan tersebut memiliki sumber daya alam melimpah yang belum dieksplorasi.

Di hadapan PBB, 21 utusan Denmark memaparkan hasil penelitiannya sejak 2008 silam. Mereka menjelaskan jika wilayah seluas 895.000 Km persegi di wilayah Kutub Utara, atau 20 kali luas Denmark merupakan wilayahnya.

denmark-klaim-kutub-utara

Sebenarnya pada 2008 lalu, Denmark, Rusia, Norwegia, Kanada dan Amerika sepakat menyerahkan Kutub Utara sebagai wilayah konvensi PBB. Namun setelah dfiratifikasi, negara-negara itu diberikan tenggat waktu 10 tahun untuk membuktikan Kutub Utara sebagai wilayahnya.

Kanada tercatat sebagai negara yang pertama kali mengklaim Kutub Utara sebagai miliknya. Lebih jauh lagi, pada 2007 Rusia sudah menancapkan bendera dari titanium untuk memprovokasi negara-negara lain yang memperebutkannya. Demikian dilansir dari BBC, Selasa (16/12).

(Nay)
Komentar