Ahok Berangkatkan 30 Marbot DKI Jakarta Umroh

Rabu, 17 Desember 2014 10:30
Ahok Berangkatkan 30 Marbot DKI Jakarta UmrohGubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) @kompas.com

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberangkatkan 30 Marbot (penjaga masjid) umroh. Mereka yang diberangkatkan adalah Marbot yang telah lolos seleksi ketat sejak bulan November lalu.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, ini adalah kali kedua ia memberangkatkan Marbot umroh. Awalnya ia ingin memberangkatkan haji, namun karena lamanya menunggu mendapatkan kuota, maka dipilih untuk memberangkatkan umroh.

"Kami sih inginnya tiap tahun supaya dia bisa jadi agen-agen agar orang tertarik datang ke masjid," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (16/12).

Sementara itu, anggota Dewan Masjid Indonesia Cabang DKI Jakarta, Agus Sofyan menjelaskan, sebanyak 30 Marbot tersebut dijadwalkan berangkat pada 18 Desember 2014.

"Mereka akan didampingi oleh tiga petugas, selama sembilan hari perjalanan umroh," jelasnya.

Adapun syarat minimal yang harus dipenuhi para Marbot tersebut di antaranya, telah mengabdi selama lebih dari 10 tahun, menguasai 10 surat Alquran, serta bisa menggantikan imam. Rata-rata mereka berusia di atas 30 tahun.

"Proses seleksi awal dari bulan November. Proses seleksinya di kantor Dewan Masjid Islamic Center. Jadi kita punya DMI kecamatan, nah dari situ merekomendasikan masing-masing marbot empat orang. Jadi diseleksi di tingkat wilayah lalu di tingkat DKI," terangnya.

Agus menambahkan, tahun depan program sejenis akan dilakukan dan jumlah Marbot yang diberangkatkan dipastikan bertambah, yakni mencapai 50-60 marbot. Saat ini Marbot di DKI Jakarta tercatat mencapai 3.145 orang yang menjaga 3.000-an masjid.

"Harapannya semakin mempererat antara Pemda, Dewan Masjid dan marbot DKI," tutup Agus. Demikian dilansir dari Merdeka.

(Nay)
Komentar