Menteri Susi Ingin Tenggelamkan Kapal Maling Ikan dengan Bom TNI AL

Kamis, 04 Desember 2014 12:15
Menteri Susi Ingin Tenggelamkan Kapal Maling Ikan dengan Bom TNI ALMenteri Kelautan dan Perikanan‎ Susi Pudjiastuti @tempo.co

Menteri Kelautan dan Perikanan‎, Susi Pudjiastuti menyebut jika kementerian yang dinahkodainya tidak memiliki fasilitas lengkap untuk menindak nelayan ikan ilegal yang melakukan pencurian di perairan Indonesia.

Disebutkan olehnya, saat ini KKP hanya memiliki peluru dengan kaliber 12,5 milimeter yang tidak akan mampu menenggelamkan kapal-kapal tersebut.

Meski demikian, Menteri Susi tidak kehabisan akal. Susi memberikan alternatif dengan menenggelamkan langsung kapal maling ikan menggunakan bom.

"Kalau tidak bisa ya kami bom saja. Itu kami serahkan ke Kepala Staf TNI Angkatan Laut dong," tegas Susi ketika ditemui di kantor Menko Perekonomian, Selasa (2/12).

Tidak hanya itu, untuk memperkuat pasukan patroli laut, Susi siap berkoordinasi dengan TNI Angkatan Udara untuk melakukan pengeboman melalui udara dengan pesawat milik TNI AU.

Sebelumnya, Menteri Susi telah menandatangani MoU dengan TNI AL dalam rangka menjaga kedaulatan kelautan dan menjaga sumber daya laut di perairan Indonesia.

Kerjasama itu juga mencakup kesiapan TNI AL dalam melakukan patroli laut terhadap kapal nelayan ilegal serta melakukan eksekusi langsung terhadap kapal yang tertangkap. Demikian dilansir dari Liputan6.

(Nay)
Komentar