Menko Puan Luncurkan Situs Sistem Nasional Pemantau Kekerasan

Kamis, 04 Desember 2014 11:45
Menko Puan Luncurkan Situs Sistem Nasional Pemantau KekerasanMenko PMK Puan Maharani @kompas.com

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meluncurkan situs Data Sistem Nasional Pemantau Kekerasan (SNPK) Indonesia. Situs yang beralamat di www.snpk-indonesia.com itu mencatat semua kekerasan yang terjadi di Indonesia.

Acara peluncuran situs itu dilakukan di Hotel Borobudur, Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (2/12).

Deputi Bidang Koordinasi Lingkungan Hidup dan Kerawanan Sosial Kemenko PMK Willem Rampangilei menjelaskan, situs itu menyediakan data dan informasi dalam bentuk kuantitatif dan kualitatif yang dapat dianalisis dengan tepat. Data-data itu diambil dari tahun 1998 hingga sekarang.

"SNPK dibutuhkan karena masih tersisa residu konflik yang belum terselesaikan dengan tuntas sehingga konflik yang sama terulang," kata Willem, dikutip dari Detik.

Willem menilai, sampai saat ini belum tersedia data konflik secara terpadu. Oleh karena itu, dengan adanya SPNK, data bisa disajikan secara parsial di semua provinsi, kabupaten atau kota untuk memetakan kerawanan dan mengidentifikasi akar masalah.

"Hal ini meningkatkan efektivitas targeting dalam program dan kebijakan termasuk memantau pelaksanaan kebijakan nasional seperti UU No 6/2014 tentang Desa," ucap Willem.

Dalam situs SPNK itu juga dapat digunakan untuk melacak perbedaan dinamika konflik antar wilayah. Hal ini berguna untuk mengetahui pemicu kekerasan di masing-masing wilayah agar responsnya tepat. Selain itu, disediakan pula analisa cepat meliputi laporan analisa data yang diterima secara rutin.

(Nay)
Komentar