LG HomeChat, Aplikasi Chatting dengan Kulkas dan Microwave

Kamis, 04 Desember 2014 10:30
LG HomeChat, Aplikasi Chatting dengan Kulkas dan MicrowaveLG Homechat @cnet.com

LG, produsen alat-alat elektronik terbesar di Korea Selatan tampil selangkah lebih maju dengan menghadirkan fitur HomeChat yang memungkinkan Anda "mengobrol" langsung dengan perlatan elektronik rumah Anda seperti kulkan, smartTV, AC hingga Microwave.

Produk elektronik besutan LG yang telah mendukung fitur HomeChat ini bisa Anda ajak "mengobrol" langsung dengan menggunakan aplikasi chatting LINE. Jadi dimanapun Anda berada, Anda tetap bisa mengontrol kondisi peralatan elektronik Anda.

Untuk mengaktifkannya, produk-produk LG yang memiliki fitur HomeChat tersebut perlu di-setting agar bisa terkoneksi dengan WiFi dan sinkron dengan smartphone. Selanjutnya Anda harus menambahkan ID LG Homechat di LINE sebagai teman. ID tersebut kini telah memiliki lebih dari 22 ribu teman terhitung sejak peluncurannya pada April 2014.

"Setelah add friend, Anda dan perangkat elektronik langsung bisa chatting," ujar Yong-joon Kim, Manajer LG Home Appliances User Expert Team saat presentasi HomeChat di LG Best Shop, Namdong-gu, Incheon, Korea Selatan, Rabu (3/12/2014).

Dengan layanan ini, Anda bisa mengontrol peralatan elektronik Anda meskipun sedang tidak berada di dalam rumah. Cukup menuliskan "matikan", "nyalakan", "saya sedang keluar rumah" atau "stop", maka perangkat elektronik Anda akan beroperasi dengan sendirinya sesuai perintah.

Tak perlu menggunakan "bahasa robot" ketika mengobrol dengan alat-alat elektronik Anda. Berkat sistem Natural Language Processing (NLP) mereka bisa mengerti bahasa yang Anda ucapkan, selama bahasa tersebut baku dan bukan singkatan.

"Ketika Anda mengetik 'apa yang sedang kamu lakukan?' pada kulkas misalnya, dia akan me-reply dengan informasi temperatur saat itu," jelas Yong-joon.

Terdapat tiga mode pengaturan yang bisa Anda gunakan, yakni Vacation, Away dan Return-home. Dimana pada mode Away, alat-alat seperti mesin cuci, TV dan AC secara otomatis akan mati ketika Anda menuliskan kalimat tersebut.

"Dengan mode I'm home, I'm away dan I'm on vacation, perangkat di rumah akan mengoptimalisasikannya sesuai kondisi Anda," tutur Yong-joon lagi, dikutip dari Detik.com.

Agar bisa berjalan dengan baik, peralatan elektronik yang mendukung HomeChat ini harus terkoneksi dengan jaringan WiFI selama 24 jam. Korea yang dikenal dengan penyedia layanan internet cepatnya tentu tak kesusahan mengadopsi teknologi HomeChat. Lantas, bagaimanakah dengan Indonesia yang notabene merupakan pasar LG terbesar?

(okta)
Komentar