Adik Perempuan Kim Jong Un Jadi Calon Pemimpin Korut?

Sabtu, 29 November 2014 13:45
Adik Perempuan Kim Jong Un Jadi Calon Pemimpin Korut?Adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong @thetelegraph.com

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memang disegani di perpolitikan global meski masih berusia relatif muda. Namun, belakangan berhembus kabar jika Kim Jong Un akan digantikan adik perempuannya yang bernama Kim Yo Jong.

Kim Yo Jong saat ini menjabat sebagai pejabat senior di Partai Buruh Korea untuk kali pertama. Perempuan 26 tahun itu merupakan generasi ketiga dari pemimpin Korute Kim II Sung yang dihormati rakyat.

Di Korut, sosok perempuan tidak banyak memiliki posisi sentral, tercatat hanya bibi Kim Jong Un saja, tapi saat ini ia menghilang setelah suaminya dieksekusi beberapa waktu lalu.

Menurut para pengamat, Kim Yo Jong memiliki kesempatan menjadi pemimpin Korut meskipun jarang tampil di hadapan publik.

Setelah santer diberitakan sakit-sakitan, Kim Jong Un belakangan semakin sering digantikan Kim Yo Jong. Adik perempuannya inilah yang dipercaya sebagai pemimpin di balik layar sebenarnya.

Pengamat barat dari ANU School of History and Culture, Dr Leonid Petrov mengatakan, "Dia bersemangat dan sangat ambisius. Dia selalu berpartisipasi dalam acara keluarga," kata Petrov. Demikian dilansir dari Tribunnews, Jumat (28/11).

(Nay)
Komentar