NASA Ubah Kotoran Manusia Jadi Bahan Bakar Roket

Sabtu, 29 November 2014 10:15
NASA Ubah Kotoran Manusia Jadi Bahan Bakar RoketPratap Pullammanappallil @magazine.ufl.edu

Selama ini roket NASA berhasil mengorbit dengan bahan bakar kimia yang diberi nama hidrazin. Setelah sampai di luar angkasa roket-roket tersebut harus melakukan pengisian bahan bakar di Stasiun ruang angkasa Internasional (International Space Station), sebelum melakukan penelitian dan kembali ke bumi.

Cara tersebut dibilang kurang efektif, untuk itu para ilmuwan mencoba mengembangkan bahan bakar ramah lingkungan yang berasal dari kotoran manusia. Pratap Pullammanappallil, profesor teknik pertanian dan biologi, University of Florida, mengungkapkan bahwa sampah dan kotoran manusia tersebut bisa dikonversi menjadi bahan bakar roket.

Melansir dari Sciencedaily, dengan mengonversi kotoran astronot yang tersimpan di dalam roket selama perjalanan di luar angkasa mampu menjadi bahan bakar cadangan sebuah roket untuk kembali ke bumi. Hal tersebut juga akan mengurangi berat pesawat luar angkasa yang harus menampung kotoran astronot selama di luar angkasa dan membawanya kembali ke bumi.

Pratap Pullammanapali dan mahasiswa Universitas Florida menemukan fakta bahwa seorang astronot dalam sehari mampu menghasilkan 290 liter metana. Dimana hasil pembuangan tersebut bisa diproses selama seminggu dan diperkirakan bisa menjadi bahan bakar untuk membawa pesawat kembali ke Bumi dengan keadaan baik.

Belakangan kotoran manusia memang tengah banyak dikembangkan ilmuwan sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan. Sebelumnya di Inggris para ilmuwan telah berhasil mengubah kotoran manusia menjadi bahan bakar bus.

(okta)
Komentar