Ukuran Payudara Pengaruhi Mental Wanita

Jum'at, 28 November 2014 14:00
Ukuran Payudara Pengaruhi Mental Wanitailustrasi @medguidance.com

Payudara memiliki arti yang penting dalam kehidupan wanita. Dimana ukuran selalu menjadi prioritas utama yang secara tak langsung berpengaruh kepada kesehatan mental wanita.

Dilansir Daily Mail, para ilmuwan menemukan dampak negatif ukuran payudara terhadap kesehatan mental wanita. Dimana wanita dengan payudara kecil atau tidak seimbang bisa menurunkan rasa kepercayaan diri dan memiliki masalah kesehatan mental yang lebih dibandingkan mereka yang punya "payudara normal". Dimana gangguan kesehatan tersebut sama dengan yang dialami oleh penderita macromastia - suatu kondisi yang menyebabkan payudara tumbuh besar, di atas normal.

Tim dokter di Rumah Sakit Anak Boston menemukan intervensi medis awal dimana wanita dengan payudara asimetris bisa ditolong dengan tindakan medis seperti pengendalian berat badan, konseling kesehatan mental dan bahkan operasi.

"Temuan ini menunjukkan bahwa pasien yang menderita payudara asimetris, terbukti punya keseimbangan emosional yang rendah dibanding teman-teman mereka," kata Dr Brian Labow, ketua peneliti.

Para peneliti tersebut telah meneliti 59 wanita muda berusia 12 sampai 21 tahun, yang semua memiliki payudara yang berbeda dengan setidaknya satu ukuran cup bra. Dan hasilnya, sekitar 40% wanita tersebut memiliki deformitas payudara tuberous, suatu kondisi di mana payudara tidak berkembang secara normal.

Para peneliti kemudian memberikan tes kepada wanita dengan deformitas, macromastia dan wanita tanpa asimetri payudara untuk memastikan seberapa baik anak-anak berfungsi secara psikologis dan sosial, serta melakukan tes untuk mencetak kualitas yang berhubungan dengan kesehatan hidup mereka.

Hasilnya, anak perempuan dengan payudara berukuran berbeda, memiliki skor lebih rendah untuk keseimbangan emosional dan harga diri. Sedangkan wanita dengan payudara asimetris juga memiliki masalah dengan cara berinteraksi secara normal di masyarakat.

(okta)
Komentar