5 Masalah Kesehatan Akibat Cinta

Jum'at, 28 November 2014 10:00
5 Masalah Kesehatan Akibat Cintailustrasi @deviantart.com

Jatuh cinta memang berjuta rasanya, kadang bahagia sampai lupa waktu makan namun juga kadang terlalu menyakitkan sampai kehilangan nafsu makan. Oleh karena itulah cinta terbukti berpengaruh terhadap kesehatan dan cenderung memberikan efek buruk.

Apa sajakah efek buruk kesehatan yang timbul akibat cinta? Berikut ini beberapa contoh, dikutip dari Health.com.

1. Berat badan naik

Hal ini hampir dialami oleh semua pasangan pasca menikah. Sebuah riset yang dilakukan pada 2012 menunjukkan bahwa rata-rata pasangan akan mengalami kenaikan berat badan dan segera turun ketika mengalami perceraian.

Namun penelitian itu ditolak oleh Troiani, yang menjelaskan bahwa, "Pasangan yang bahagia akan saling memberikan motivasi agar lebih sehat, dan tidak sembarangan makan."

2. Pemicu stres

Patah hati merupakan pemicu stres paling efektif. Tak jarang akibat patah hati akan berdampak pada lingkungan sekitar seperti pekerjaan. Perangainya akan lebih pendiam, murung dan risau memikirkan hubungan Anda yang tak karuan

3. tekanan darah naik

Pertengkaran rumah tangga sering membuat stres berlebih yang berdampak pada naiknya tekanan darah akibat emosi berlebih. Bahkan tak jarang penyakit ini menjadi penyebab utama terjadinya stroke.

4. Masalah tidur

Masalah tidur ini sering dialami oleh pasangan yang baru menikah, ketika mereka harus membiasakan diri berbagi tempat tidur dengan pasangannya.

"Aktivitas tidur setiap orang pasti berbeda-beda. Jadi, jika mereka harus berbagi tempat tidur, pasti akan merasa terganggu," ujar salah satu peneliti yang melaksanakan penelitian pada 2005.

5. Sakit hati

Sakit hati merupakan salah satu penyakit yang menyerang psikologis, terasa sakit namun kita tidak mengetahui dimana letak sakitnya. Sakit hati juga terbukti mampu membuat badan terasa berat dan nyeri bahkan menghilangkan nafsu makan dan bisa memicu perilaku yang membahayakan kesehatan, seperti minum alkohol, melahap makanan tak sehat, dan perilaku buruk lainnya.

(okta)
Komentar