K5, 'Robot Satpam' Penjaga Kampus Microsoft

Kamis, 27 November 2014 16:00
K5, 'Robot Satpam' Penjaga Kampus MicrosoftRobot K5 @pcmag.com

Ada yang berbeda dari kampus Microsoft yang terletak di California, Amerika Serikat. Di kampus ini Anda tak akan lagi melihat sosok garang satpam yang berkeliling kampus. Karena semua tugas security kini tengah ditangani oleh robot K5.

Robot K5 besutan Knightscope ini memiliki peranan layaknya seorang satpam. Ia ditugaskan berpatroli di lingkungan kampus tersebut. Microsoft menyiagakan 5 unit robot K5 di kampus tersebut dibekali dengan sebuah sensor yang dapat memindai suatu masalah.

Robot setinggi 1,5 meter dengan bobot 136 kilogram ini dilengkapi dengan lampu yang bekerja sebagai sirine, alarm, serta kamera untuk memantau area sekitar. Ketika terjadi suatu masalah, maka alarm itu akan berbunyi dan memanggil satpam yang sesungguhnya.

Robot yang bentuknya menyerupai segitiga namun ujung atasnya membulat ini mampu bekerja 24 jam dan hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk mengisi daya baterai. Ketika baterainya dalam masa kritis Anda tak perlu mencari robot pintar ini, karena secara otomatis ia akan langsung kembali ke stasiun pengisian daya baterai.

Kelima robot K5 di kampus Microsoft ini merupakan sebuah langkah uji coba yang dilakukan Knightscope sebelum akhirnya memasarkannya pada tahun 2015 mendatang. Rencananya selain menjual robot tersebut, sang perakit mencoba hadirkan layanan sewa dengan tarif USD 6,25 per jam atau sekitar Rp 76 ribu. Kompensasi per jam ini konon lebih murah dibanding gaji seorang satpam.

(okta)
Komentar