Israel Deklarasi Sebagai Negara Yahudi

Selasa, 25 November 2014 13:15
Israel Deklarasi Sebagai Negara YahudiPerdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu @bbc.co.uk

Saat ini Israel telah mendeklarasikan diri sebagai Jewish Nation State alias Negara Yahudi. Hal ini sesuai undang-undang yang disahkan kabinet Israel pada Senin (24/11) kemarin.

Keputusan tersebut dinilai akan mengecewakan warga Arab Israel. Meski kontroversial, langkah ini untuk mempertegas posisi Israel terkait meningkatnya ketegangan antara warga Palestina dan Yahudi.

Rencananya, Rabu mendatang parlemen Israel (Knesset) akan menggelar voting untuk menentukan hal yang sama, dilansir dari Huffington Post, Senin (24/11).

Sejak menyatakan kemerdekaan pada 1948, Israel selalu menyebut dirinya sebagai Negara Yahudi. Namun dengan keputusan kabinet tersebut akan menjadi undang-undang yang mendasari pendeklarasian Negara Yahudi secara resmi dan mengikat.

Hal ini juga tampak dari sikap keras Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang menyatakan Israel adalah negara Yahudi dan demokrasi.

"Ada orang yang lebih mengutamakan prinsip demokrasi ketimbang Yahudi dan ada yang sebaliknya. Hari ini saya mengajukan dua prinsip itu ke dalam nilai yang setara," ujar Netanyahu.

Bahkan, selama ini Netanyahu memaksa warga Palestina mengakui Israel sebagai negara Yahudi.

Nantinya, undang-undang tersebut tidak hanya menyatakan Yahudi sebagai karakter bangsa, tapi juga menghilangkan penggunaan bahsasa Arab sebagai bahasa resmi.

(Nay)
Komentar