6 Makanan Pencegah Flu di Musim Hujan

Selasa, 25 November 2014 09:15
6 Makanan Pencegah Flu di Musim HujanMakanan pencegah sakit flu @thesundaybest.com.au

Musim pancaroba telah mulai datang menyapa, musim hujan diperkirakan akan menyiram Indonesia dalam waktu dekat. Kedatangan musim hujan normalnya dibarengi dengan virus flu yang membuat semua aktivitas akan terganggu.

Untuk mencegah virus tersebut, sebaiknya Anda memperkebal sistem imun tubuh dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi tinggi.

Berikut ini Womenshealthmag melansir 6 jenis makanan yang ampuh mencegah virus flu di musim hujan, antara lain:

1. Biji labu

Selain mengolah daging buahnya, Anda juga bisa mengolah biji buah labu. Kandungan zink yang tinggi pada biji buah labu terbukti ampuh membantu sel darah putih untuk melawan penyakit. Cara mengolahnyapun terbilang gampang. Anda dapat mencampur biji labu dengan cokelat siram atau dikeringkan, lalu diolah menjadi keripik.

2. Tuna

Tuna merupakan sumber gizi yang sangat baik, terutama dalam hubungannya dengan menjaga kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu ikan tuna juga terbukti mampu meningkatkan imunitas. Anda dapat menyulap tuna menjadi sandwich lezat yang dicampur dengan sayuran.

3. Jamur

Jamur merupakan tanaman yang bisa dengan mudah Anda dapatkan, terutama di musim hujan. Mengolah jamur sebagai sup diyakini dapat mencegah serangan flu. Kandungan beta glucan pada jamur terbukti mampu membantu tubuh melawan infeksi.

4. Ubi jalar

Tangkal radikal bebas dengan vitamin A yang banyak terkandung dalam ubi jalar. Ubi jalar yang tinggi karbohidrat juga termasuk makanan pengganti nasi yang menyehatkan dan mengenyangkan.

5. Teh hijau

Sejak dulu teh hijau memang terkenal ampuh mengobati flu. Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat menunjang kesehatan tubuh Anda secara optimal.

6. Yogurt

Susu fermentasi ini merupakan makanan olahan yang kaya manfaat. Salah satunya, kandungan probiotik yang di fermentasi alami di dalam yogurt, sangat baik menjaga imunitas tubuh dari serangan flu.

(okta)
Komentar