Wanita Alami 3 Tahap Perubahan Bentuk Payudara

Selasa, 25 November 2014 10:30
Wanita Alami 3 Tahap Perubahan Bentuk Payudarailustrasi @stylesatlife.com

Payudara wanita merupakan bagian tubuh yang terus "tumbuh" dan "berkembang" seumur hidupnya. Menurut profesor bedah dari Johns Hopkins Magazine, Lisa Jacobs, MD. Selama hidupnya wanita mengalami 3 tahap perubahan bentuk payudara.

Perubahan bentuk payudara ini juga berkembang seiring dengan perubahan pada Miss V, hal ini dikarenakan kedua bagian tubuh wanita tersebut berkembang seiring dengan perubahan hormon. Lalu kapan sajakah tahap perubahan tersebut terjadi?

Berikut ini Womenshealthmag melansirnya untuk Anda:

Tahap pertama pertumbuhan payudara wanita terjadi pada usia 15 hingga 20 tahun. Dimana payudara akan terbentuk secara sempurna sesuai dengan porsi tubuhnya yang ditandai dengan perubahan fibrokistik yang ditandai dengan benjolan jinak di salah satu payudara. Perubahan pada tahap ini merupakan dampak dari hormon ekstrogen yang biasa muncul di masa pubertas.

Tahap kedua terjadi pada usia 30an, dimana payudara wanita umumnya mengalami perubahan bentuk yang disebabkan oleh beberapa faktor. Penambahan berat badan pasca hamil dan persiapan menyusui. Payudara kendur juga sering dialami pasca menyusui.

Tahap terakhir yaitu terjadi pada usia 40an. Dimana payudara perempuan terlihat mengalami perubahan yang sangat drastis bila dibandingkan dengan payudara tahap pertama. Pada titik ini, payudara Anda akan mengalami involusi, di mana jaringan payudara Anda digantikan oleh lemak.

Inilah sebabnya kanker payudara kerap mengintai wanita usia 40an. Maka itu, di usia 40 tahun, kaum hawa wajib melakukan deteksi dini mamografi untuk mencegah sel kanker menggerogoti kedua payudara Anda.

(okta)
Komentar