Fitur Disk Cleanup - System Compression Hadir di Windows 10

Sabtu, 22 November 2014 19:30
Fitur Disk Cleanup - System Compression Hadir di Windows 10Disk Cleanup Windows 10 @bgr.com/betanews.com

Microsoft belum resmi merilis versi resmi dari Windows 10. Kini pihaknya masih merilis versi Technical preview kepada pengguna Windows untuk melihat feed back sementara sebelum akhirnya merilis versi resminya.

Seperti yang dilansir Itproportal, Microsoft mengungkapkan bahwa pada versi resminya nanti akan ada banyak fitur dan perubahan untuk Windows 10, ada beberapa fungsionalitas yang belum diketahui oleh publik. Salah satunya adalah fitur Disk Cleanup.

Fitur ini memang telah ada pada versi lawas Windows sebelumnya, namun pada OS terbaru kali ini fitur tersebut dapat membebaskan ruang lebih ekstra berkat hadirnya kembali fitur System Compression yang dapat mengompres 'windows binaries and program files'.

Fitur System Compression sebenarnya pernah ada pada varian Windows XP serta Vista. Pada varian Windows 10 ini Microsoft memutuskan untuk menghadirkan kembali fitur yang kaya manfaat tersebut. Untuk mencoba fitur ini, pengguna bisa mengklik tombol Start dan di kolom tipe boks 'cleanmgr.exe.', klik kanan opsi dan luncurkan aplikasi dalam administrator.

Fitur Disk Cleanup pada Windows berfungsi sebagai penghapus file yang di unduh, file temporer, file instalasi temporer Windows, halaman website offline dan log files. Fitur ini bisa dipakai untuk menghapus file yang bersifat junk dari komputer Anda, sehingga memberikan space atau ruang lebih pada sistem seperti Thumbnail lama.

(okta)
Komentar