4 Posisi Tidur yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Minggu, 23 November 2014 21:00
4 Posisi Tidur yang Bermanfaat Bagi Kesehatan4 Posisi Tidur @imgarcade.com

Tidur merupakan kebutuhan hidup manusia. Normalnya manusia menghabiskan hampir sepertiga waktu hidupnya untuk tidur. Dengan tidur maka kita telah mengisi ulang tenaga kita. Oleh karena itu tidur yang berkualitas sangat penting bagi kesehatan, baik fisik maupun mental.

Umumnya manusia tidur dalam 4 posisi, yakni telentang, miring, tengkurap dan meringkuk. Tak hanya sebagai posisi tidur belaka, ternyata secara medis posisi tidur tersebut masing-masing memberikan manfaat yang bagus untuk kesehatan. Apa sajakah manfaatnya? Berikut ini Healt Me Up melansir manfaat posisi tidur bagi kesehatan:

1. Telentang

Anna Linen, sebuah merek furnitur melakukan sebuah survei dan mengatakan bahwa hanya ada 10% manusia saja tidur dengan posisi telentang. Padahal secara medis posisi ini sangat baik bagi kesehatan leher dan tulang belakang. Terlebih lagi jika Anda tidur telentang tanpa menggunakan bantal. hal ini dikarenakan bantal akan membuat sulit bernapas. Selain itu bagi wanita, manfaat kecantikan juga bisa di dapatkan, antara lain terhindar dari garis halus dan kerutan.

2. Tidur miring

Kebanyakan wanita menyukai posisi tidur miring. Survei dari Anna Linen menyebutkan bahwa 76% orang tidur dengan posisi ini. Jika Anda gemar tidur dengan posisi ini, disarankan Anda tidur miring ke sisi kanan, hal ini dikarenakan sisi kiri adalah lambung. Posisi tidur ini terbukti bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah ke jantung, serta mencegah terjadinya heartburn dan naiknya asam lambung atau reflux. Posisi tidur ini sangat disarankan untuk ibu-ibu hamil.

3. Tengkurap

Tengkurap merupakan posisi tidur yang paling digemari. Survei yang sama menunjukkan bahwa sebanyak 16% orang tidur dalam posisi ini. padahal secara medis posisi tidur ini sangat tidak dianjurkan karena leher Anda akan terasa pegal karena berpaling ke satu sisi selama tidur, serta perut menjadi sakit dan nafas sesak. Namun posisi ini sangat bermanfaat untuk seseorang dengan kebiasaan mendengkur.

4. Meringkuk

Posisi ini merupakan posisi tidur terburuk kedua setelah tengkurap. Hal ini dikarenakan tidur meringkuk atau dengan kaki menekuk dapat menyebabkan sakit punggung, kesulitan bernafas, dan otot terasa sakit atau pegal.

(okta)
Komentar