Alasan Android Lebih Populer Dibanding iOS

Jum'at, 21 November 2014 13:00
Alasan Android Lebih Populer Dibanding iOSiPhone 6 Plus dan Samsung Galaxy Note 4 @phonearena.com

Smartphone dunia dirajai oleh dua sistem operasi, yakni Android besutan Google dan iOS besutan Apple. Keduanya saling bersaing menghadirkan fitur-fitur smartphone yang lebih mumpuni.

Namun ternyata, hingga kini tercatat bahwa banyak orang cenderung memilih smartphone Android ketimbang smartpone iOS. Berikut ini Pocket-lint melansir 8 alasan kenapa orang cenderung lebih memilih Android ketimbang iOS.

1. Ragam pilihan

Seperti yang diketahui, Google tak menggunakan sistem operasi Androidnya untuk produk-produknya sendiri. Pihaknya sengaja merilis OS besutannya kepada developer dunia yang kemudian dikembangkan melalui smartphone Android bermacam merek.

2. Ukuran layar

Sudah sejak lama pengguna Android dimanjakan dengan varian lebar layar Android yang beraneka ragam. Mereka bahkan telah menggunakan smartphone ebrlayar luas jauh sebelum Apple memutuskan untuk mengusung layar 4,7 inci pada iPhone 6 dan 5,5 inci pada iPhone 6 Plus.

3. Baterai

iPhone sejak dulu selalu penuh dengan isu baterai yang tidak tahan lama. iPhone 5S malah di cap sebagai produk gagal karena banyak Apple fanboy yang mengatakan baterai gadgetnya mengalami kerusakan. Selain itu, Android memungkinkan pengguna untuk menutup 'background tasks', sehingga mereka bebas mengontrol penggunaan baterai dengan mudah.

4. Kualitas display

Kehadiran iPhone 4 yang mengusung fitur retina display memang cukup memukau. Namun belakangan prestasi Apple tersebut dibatalkan dengan smartphone-smartphone Android yang mengusung kerapatan piksel lebih tinggi. Seperti LG G3 5,5 inci dengan ppi lebih tinggi. LG G3 mencapai 534ppi, dibandingkan iPhone 6 Plus dengan 401 ppi.

5. Sistem Operasi Fleksibe

Google memang secara terbuka memberikan OS nya untuk dikembangkan oleh para developer. Dengan sistem open source developer bisa memublikasikan aplikasi besutannya dengan mudah di Google Playstore. Sementara pada Apple memerlukan persetujuan terlebih dahulu sebelum aplikasi itu dapat rilis di App Store.

6. Menghemat Uang

Bayangkan saja, Anda harus menguras kocek sebesar lebih dari Rp 10 juta untuk varian iPhone 6. Sedangkan dengan uang Rp 1 jutaan Anda sudah bisa mendapatkan smartphone Android dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Bahkan Samsung Galaxy Note 4 yang mengusung spesifikasi lebih tinggi hanya dihargai Rp 8 hingga 9 jutaan saja.

(okta)
Komentar