Jus Kodok Jadi Minuman Kesehatan Peru

Kamis, 20 November 2014 13:45
Jus Kodok Jadi Minuman Kesehatan PeruJus Kodok Peru @hindustantimes.com

Sebagian dari kita mungkin akan jijik hingga ketakutan ketika melihat kodok hidup, apalagi ketika harus melihat hewan amfibi tersebut di blender dalam keadaan segar dan disajikan dalam bentuk jus. Sebagian mungkin akan menolak mentah-mentah.

Namun tahukah Anda jika jus kodok segar sangat populer sebagai minuman obat (jamu) khas Peru. Negara yang kaya dengan buah Maca ini percaya jika kodok segar mampu mengobati bergagai macam penyakit. Diantaranya mengobati asma, bronkitis, mengatasi stres dan dorongan seks yang lambat.

"Jus kodok baik untuk anemia, bronkitis, tulang, otak, kelelahan, stres, masalah pernapasan," ujar salah seorang penjual jus kodok segar kepada ABC News.

Kodok yang digunakan bukanlah kodok sembarangan. Para penjual jus kodok segar ini menggunakan kodok spesies Telmatobius Culeus yang berhabitat di Danau Titicaca dan terdaftar sebagai hewan yang terancam punah oleh International Union untuk Conservation of Nature.

Cara pengolahannya sangat sederhana, kodok segar yang masih hidup dibunuh terlebih dahulu kemudian dikuliti. Setelah menyisakan daging segarnya, masukkan daging kodok dalam blender dan tambahkan dengan wortel, akar maca Peru dan madu, kemudian dicampur hingga halus. Dan hasilnya, satu gelas segar jus kodok berwarna hijau muda siap dinikmati.

"Saya selalu datang ke sini untuk minum jus kodok karena itu baik untuk anak-anak dan orang yang lebih tua," kata Cecilia Cahuana, salah seorang pelanggan jus kodok.

Secara ilmiah belum dibuktikan kandungan dari daging kodok jenis Telmatobius Culeus tersebut. Namun jus kodok ini kini semakin laris diburu para pembeli yang telah mengaku mendapatkan manfaat kesehatan dari minuman ekstrem tersebut. Anda mau mencoba?

(okta)
Komentar