Nokia Z Launcher Beta Hadir Dengan Tampilan Minimalis

Kamis, 20 November 2014 12:45
Nokia Z Launcher Beta Hadir Dengan Tampilan MinimalisNokia Z Launcher @discovr.smashpop.net

Jika sebelumnya Microsoft telah menghadirkan Next Lock Screen untuk Android, kini Nokia melengkapinya dengan menghadirkan aplikasi Launcher bernama Nokia Z Launcher yang telah tersedia di Google Play Store.

Seperti yang diketahui, Microsoft telah mengakuisisi Nokia. Nampaknya keduanya memiliki fisi dan misi yang benar-benar sejalan, salah satunya dalam menghadirkan user interface atau UI untuk sistem operasi Android. Microsoft dengan Next Lock Screen dan Nokia dengan Z Launchernya terlihat sama-sama mengusung UI yang simpel layaknya OS Android 5.0 Lollipop. Lantas apa sajakah fitur yang ditawarkan Launcher Nokia ini?

Pertama-tama yang perlu Anda ketahui, Nokia masih belum merilis versi final dari launcher ini. Nokia Z Launcher yang bisa Anda nikmati merupakan versi beta yang tentu masih mengandung banyak bug. Namun jangan khawatir, karena Anda bisa menjajal semua fitur yang ditawarkannya secara gratis.

Dari segi tampilan, Nokia Z Launcher hadir minimalis dan simpel dengan background yang akan warna sesuai waktu yang bisa Anda tetapkan. Misalkan untuk pagi akan berwarna biru, sore oranye, malam biru, dan sebagainya, sehingga Anda tak akan lagi bosan menatap layar Android Anda.

Di bagian home screen Anda bisa mengatur 4 short cut aplikasi penting yang biasa Anda gunakan plus satu ikon app drawer. Terdapat juga list ikon per ikon aplikasi yang baru saja dijalankan. Anda juga bisa menambahkan widget penting seperti informasi cuaca dan waktu.

Nokia Z Launcher juga mendukung fitur gesture. Cukup sapu jemari ke layar ponsel dan bentuk huruf yang mewakili aplikasi yang terinstall di smartphone Anda, semisal Anda menuliskan T maka sejumlah aplikasi, game, atau daftar kontak yang mengandung huruf T akan muncul, seperti Twitter, Tumblr (app), Transformer (game), Toni, Tono (kontak), dan lainnya.

(okta)
Komentar