Harga Bensin di Amerika Lebih Murah Ketimbang Sebotol Air Mineral

Rabu, 19 November 2014 11:45
Harga Bensin di Amerika Lebih Murah Ketimbang Sebotol Air MineralWarga Amerika melayani sendiri ketika membeli bensin di SPBU @abcnews.go.com

Harga bensin di Amerika Serikat saat ini berkisar Rp 9.657 per liter atau lebih murah jika dibandingkan dengan harga satu botol air mineral. Asosiasi Otomotif Amerika Serikat (AAA) melansir penurunan harga bensin pada bulan lalu sebesar Rp 1.064 per liter.

Hal ini bisa dimaklumi sebab Amerika mengikuti mekanisme harga pasar minyak dunia. Di mana jika turun, maka harga bensin yang dijual juga turun, demikian sebaliknya.

Menurut laporan USA Today, harga bensin di Amerika saat ini paling murah dalam kurun empat tahun terakhir.

"Saya agak terkejut juga," kata Tom Kloza, analis harga minyak dari Pusat Informasi Harga Minyak Amerika.

Selain itu, saat ini permintaan minyak dunia juga mengalami penurunan sehingga harganya ikut turun.

Salah seorang warga bernama Trisha Pena dari Negara Bagian Tennesee bahkan hanya membayar sekitar Rp 30 ribu untuk mengisi mobil Honda CRV miliknya.

"Saya sudah lupa kapan terakhir saya membayar kurang dari USD 30 untuk mengisi sebanyak sepuluh atau sebelas galon buat tangki mobil saya," kata dia.

Sebagai perbandingan, harga bensin di Amerika saat ini lebih murah ketimbang sebotol susu dan air mineral yang dijual USD 8,2 per galon atau sekitar Rp 26.400 per liter.

(Nay)
Komentar