Koruptor Gayus Dimiskinkan, Kejagung Sita Aset Rp 74 Miliar

Senin, 17 November 2014 17:45
Koruptor Gayus Dimiskinkan, Kejagung Sita Aset Rp 74 MiliarGayus Tambunan @viva.co.id

Kejaksaan Agung mengeksekusi seluruh harta mantan pegawai pajak, Gayus Tambunan. Penyitaan tersebut berdasarkan putusan Mahkamah Agung yang memutuskan harta Gayus sebanyak Rp 74 miliar dalam bentuk pecahan dolar Amerika Serikat dan Singapura diambil alih oleh negara.

"Informasinya hari ini (eksekusi), nanti tim eksekutor akan ke BI (Bank Indonesia) untuk eksekusi," kata Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Tony Spontana.

Namun, Spontana enggan menjabarkan detail harta Gayus yang akan disita. "Sementara informasinya hanya itu dulu. Nanti kalau ada perkembangan saya infokan kembali," tegasnya, dilansir dari MetroTVNews, Senin (17/11).

Berdasarkan putusan MA, gayus memiliki kekayaan Rp 74 miliar berupa pecahan uang US Dolar dan dolar Singapura. Selain itu, ada juga 31 batang emas dan rumah di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Rencananya, hari ini pihak BI akan memindahkan uang dari rekening Gayus ke rekening kejaksaan. Eksekusi ini dilakukan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Pusat.

Gayus sendiri diganjar hukuman 30 tahun penjara. Ia terbukti melakukan pidana suap, pencucian uang, dan gratifikasi.

(Nay)
Komentar