Mengambil Gambar Menara Eiffel Di Malam Hari Adalah Ilegal

Senin, 17 November 2014 14:45
Mengambil Gambar Menara Eiffel Di Malam Hari Adalah Ilegalilustrasi @flickr.com

Paris, kota cinta satu ini memang fenomenal dengan menara Eiffelnya yang tak pernah sepi dari wisatawan dunia setiap tahunnya. Daya tarik menara yang dibangun sejak 1889 tersebut semakin terlihat jelas di malam hari ketika pertunjukan lampu dimulai.

Pertunjukan lampu di menara Eiffel tersebut merupakan hal yang memorabel dan membuat wisatawan tak tahan untuk mengabadikannya dalam foto dan video. Namun tahukah Anda jika pengabadian pertunjukan lampu menara Eiffel di malam hari merupakan tindakan ilegal yang melanggar hukum?

Regulasi hak cipta Uni Eropa menyatakan bahwa sejatinya menara Eiffel merupakan sebuah karya seni yang mempunyai hak cipta dan dilindungi oleh undang-undang yang berlaku pada malam hari saat pertunjukan lampu dimulai. Siapapun yang mengabadikan pertunjukan tersebut akan dikenakan sanksi tegas berupa denda.

Area tempat berdirinya menara Eiffel memang dibuat sebagai ruang publik yang bisa dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia. Menara Eiffel pun legal untuk diambil fotonya pada siang hari. Namun tidak dengan pemandangan menakjubkan Menara Eiffel di malam hari.

"Di siang hari Menara Eiffel memang bebas hak cipta, tapi tidak di malam hari. Pertunjukkan tata cahaya yang tersaji dilindungi hak cipta." ujar Dimita Dimitrov, salah seorang ahli hukum hak cipta, seperti yang dikutip dari Dailymail.

Perancis merupakan negara Uni Eropa Pertama yang diketahui menerapkan hukum hak cipta pada properti atau ruang publik. Sementara di negara-negara Uni Eropa seperti Rumania, Bulgaria dan Slovenia diketahui masih membebaskan wisatawan mengambil dan membagikan foto ikon-ikon pariwisata, asal dengan catatan bukan untuk tujuan komersil.

(okta)
Komentar