Festival Waria di Bangladesh Rayakan Pengakuan Transgender di KTP

Selasa, 11 November 2014 14:00
Festival Waria di Bangladesh Rayakan Pengakuan Transgender di KTPPara Hijra, peserta festival waria Bangladesh @indianexpress.com

Festival transgender di Bangladesh akan memasuki puncak acara. Sebelumnya, acara ini telah berjalan tiga hari di ibu kota Bangladesh, Dhaka.

Dalam festival tersebut diisi sejumlah acara budaya dan juga orasi, bahkan festival Hijra Pride itu juga dihadiri utusan khusus dari perdana menteri.

Para waria mengenakan pakaian wanita lengkap dengan kain sari berwarna-warni. Mereka menuntut kesamaan hak di segala lini kehidupan masyarakat. Acara ini merupakan peringatan satu tahun dari kebijakan pemerintah yang menyediakan kolom jenis kelamin ketiga di KTP Bangladesh.

Meski demikian, menurut pemimpin komunitas waria, Charles Haviland, waria belum mendapatkan persamaan hak secara hukum.

Menurut data pemerintah Bangladesh, saat ini terdapat 15.000 waria, namun, menurut komunitas, jumlah tersebut jauh lebih banyak dari perkiraan pemerintah.

Hijra, dalam masyarakat Bangladesh biasanya seorang pria yang merasa memiliki jiwa wanita namun terjebak di dalam tubuh seorang pria, ungkap Haviland.

Selain Bangladesh, negara lain di Asia yang mengakui keberadaan waria secara hukum adalah India. Demikian dilansir dari BBC, Selasa (11/11).

(Nay)
Komentar