4 Langkah Menyeduh Kopi Yang Benar

Senin, 10 November 2014 16:15
4 Langkah Menyeduh Kopi Yang BenarPenyajian kopi @bellinnnottingham.co.uk

Kopi memang terkenal dengan khasiatnya yang menyehatkan. Mengonsumsi 2-3 cangkir kopi setiap hari dipercaya dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, Alzheimer, hingga kanker prostat.

Namun tahukah Anda, untuk mendapatkan khasiat kopi dengan baik, Anda perlu "memperlakukan" kopi secara khusus. Untuk itu Fox News telah melansir 4 langkah meramu secangkir kopi yang baik dan menyehatkan:

1. Memilih Kopi

Kasiat kopi bisa Anda dapatkan langsung dari biji kopi berkualitas. Pilihlah biji kopi yang berwarna cokelat muda yang mengandung senyawa asam klorogenik tinggi, dimana asam ini akan berubah menjadi antioksidan melalui proses roasting atau pemanggangan.

2. Takaran Cangkir

Americano dan Espresso merupakan varian kopi yang menghadirkan cita rasa kopi yang sebenarnya. Rasanya yang pahit dan kental merupakan penyeduhan kopi yang benar, yang terpenting adalah tanpa gula. Karena gula akan menambah kandungan kalori. Susu atau creamer justru akan merusak kandungan antioksidan kopi. Bila tak suka pahit, Anda bisa mengakalinya dengan tambahan bubuk kayu manis.

3. Menyeduh

Yang perlu Anda ketahui, penyeduhan kopi yang benar dilakukan secara berbeda-beda, tergantung dari jenis olahan kopi apa yang Anda inginkan seperti Espesso, Macchiato dan Cappucino. Untuk Espresso Anda perlu menuangkan air yang sangat panas, tapi tidak mendidih, ke kopi di bawah tekanan tinggi.

4. Menyimpan

Menyimpan kopi tak bisa sembarangan, kandungan radikal bebas kopi akan meningkat dan bermasalah bila terkena udara. Untuk itu sebaiknya Anda menyimpan biji kopi di wadah kedap udara dan tidak menggilingnya sampai siap untuk diseduh.

(okta)
Komentar