Di Hadapan Investor di Beijing, Jokowi Sindir Kualitas Produk China

Senin, 10 November 2014 13:15
Di Hadapan Investor di Beijing, Jokowi Sindir Kualitas Produk ChinaPresdien Jokowi bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping @viva.co.id

Di sela-sela KTT APEC 2014, Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan sejumlah investor di China. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi berjanji akan mempermudah kerja sama dengan China. Meski demikian, Jokowi juga melemparkan kritikan terkait kualitas produk pabrikan China.

Menurut Jokowi, para pengusaha harus meningkatkan kualitas produk yang dikirimkan ke Indonesia sebab selama ini telah dibayar dengan nilai kontrak yang mahal.

"Kita ini sudah kerja sama Indonesia-China. Tapi, masalah kualitas harus ngomong apa adanya, harus memperbaiki. Kesalahannya ada di dua dunia usaha, yang di China maupun yang di Indonesia," kata Jokowi di Beijing, Minggu (9/11).

Jokowi juga menyinggung kasus bus Trans Jakarta ketika masih menjabat Gubernur DKI Jakarta.

"Produk-produk memang harus dilihat kualitasnya. Kami ingin menjaga, agar persepsi, imej, barang yang berasal dari China, memang betul-betul barang-barang yang baik, karena saya tahu memang produknya di sini banyak yang baik," kata dia, dengan menggunakan Bahasa Indonesia di hadapan para pengusaha China dan RI.

Dia juga menyindir, meski China juga mampu memproduksi barang berkualitas, namuna adakalanya permintaan dari Indonesia justru menghendaki produk dengan kualitas di bawah standar.

"Kasus bus itu juga sama. Tetap dibayar dengan harga yang baik. Saya kira, Bapak, Ibu semuanya tahu, ini sudah tidak boleh kejadian lagi," ujarnya.

Di akhir pertemuan tersebut, Jokowi meminta agar investasi China ke Indonesia bisa menguntungkan kedua belah pihak, baik bagi rakyat Indonesia maupun China. "Jadi, saya tunggu kedatangannya di Indonesia, saya tunggu prestasinya di Indonesia." Demikian dilansir dari berbagai sumber.

(Nay)
Komentar