Tai Chi Turunkan Risiko Kanker Payudara

Sabtu, 08 November 2014 20:45
Tai Chi Turunkan Risiko Kanker PayudaraTai Chi @lucilleroberts.com

Pola hidup sehat merupakan cara yang paling efektif mencegah kanker payudara. Makan-makanan sehat dan olahraga teratur merupakan faktor penunjang. Namun tahukah Anda jika olahraga bela diri Tai Chi merupakan olahraga yang dapat mencegah kanker payudara?

Sebuah studi dari Universitas California, Los Angeles menunjukkan bahwa, selain untuk menjaga diri, olahraga bela diri Tai Chi terbukti mampu mengurangi risiko kanker payudara. Penelitian ini dilakukan sejak tahun 2007 hingga 2013 silam yang melibatkan sampel darah dari 90 partisipan yang berusia antara 30-85. Pengecekan tersebut dilakukan pada saat sebelum dan sesudah mereka berlatih olahraga bela diri Tai Chi.

"Ketika orang berlatih Tai Chi, ada penurunan stres pada sistem hormon," kata Dr. Michael Irwin, salah satu peneliti, dikutip dari Medical News Today.

Selain mengurangi risiko kanker, penelitian ini juga menunjukkan manfaat lain dari berlatih Tai Chi. Antara lain bagi regularitas waktu tidur.

"Sebelumnya saya dapat terjaga hingga pukul 6 pagi. Tetapi, setelah dua sesi berlatih Tai Chi, insomnia saya mulai pergi. Saya hanya merasa kedamaian," kata Linda Tucker, salah satu partisipan.

(okta)
Komentar