Gelandangan Juga Dapat KKS dan KIS

Selasa, 04 November 2014 21:00
Gelandangan Juga Dapat KKS dan KISPembagian KIS, KIP, KKS@health.liputan6.com

Presiden Joko Widodo mulai merealisasikan penggunaan kartu sakti yang meliputi, Kartu Keluarga Sejahtera(KKS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIS). Untuk mendapatkannya, semua warga Indonesia wajib mendaftarkan dirinya ke kantor pos terdekat.

Untuk menjamin kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia, warga yang tidak teregister seperti anak jalanan dan gelandangan serta pengemis yang tinggal di panti akan mendapatkan kedua kartu sakti tersebut.

"Saat ini pendekatannya lebih individual kalau 2011 dengan pendekatan Rumah Tangga Sangat Miskin," ujar Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Ia juga menambahkan bahwa, selama ini sistem jaminan kesehatan Indonesia masih berdasarkan identitas resmi seperti KTP dan kartu keluarga. Padahal banyak sekali masyarakat yang tidak memiliki KTP dan juga anak-anak terlantar yang tak tercantum pada kartu keluarga manapun. Khofifah menjelaskan, jumlah mereka yang tidak terdaftar sebanyak 1,7 juta jiwa, termasuk gelandangan, pengemis dan orang-orang panti.

Kartu sakti yang terangkum pada Program Keluarga Produktif resmi diluncurkan pada Senin, (3/11/2014) kemarin. Secara bertahap KIS akan diperluas cakupannya meliputi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

"Sampai Desember nanti ada 400 ribu jiwa yang mendapatkan KIS dan KKS," tambah Khofifah, dikutip dari Liputan6.com.

(okta)
Komentar