Perbedaan Kartu BPJS dan Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Selasa, 04 November 2014 12:15
Perbedaan Kartu BPJS dan Kartu Indonesia Sehat (KIS)Perbedaan Kartu Indonesia Sehat dan kartu BPJS Kesehatan @lamongankab.go.id/beritasatu.com

Presiden Joko Widodo dan Wakilnya Jusuf Kalla kemarin, Senin (3/11/2014) secara resmi merilis Kartu Indonesia Sehat, dimana tahap awal masih dilaksanakan di 5 Kantor Pos di Jakarta. Nantinya Kartu Indonesia Sehat (KIS) ini akan segera diedarkan ke seluruh Indonesia.

Meski sama-sama memberikan kemudahan jaminan kesehatan, namun masyarakat perlu mengetahui bahwa KIS berbeda dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). Perbedaan kedua kartu tersebut menurut wakil presiden Jusuf Kalla (JK) terletak pada fungsinya.

"Cuma kalau kartu sehat servisnya lebih ada kelebihannya, tapi prinsipnya adalah sama, pelaksanaan teknisnya," ujar JK.

Selain berbeda fungsi, kedua kartu tersebut juga terlahir dari undang-undang yang berbeda, dimana BPJS, baik Kesehatan maupun Ketenagakerjaan merupakan badab hukum nirlaba yang terbentuk dari Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2004 dan Tahun 2011. Serta sesuai UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (JKN).

"Karena itu undang-undang, BPJS itu undang-undang. karena ada anggarannya untuk membantu lebih banyak ke masyarakat," ujar JK, dikutip dari Okezone.com.

Beberapa pihak memang mengkhawatirkan kedua kartu yang serupa namun tak sama tersebut akan mendatangkan permasalahan di masa mendatang, seperti jaminan yang tumpang tindih serta ketidakjelasan pendanaan. Oleh karena itu, Matan Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut mengatakan menolak permintaan DPR untuk mengubah BPJS nomenklatur DPR menjadi KIS.

"BPJS itu sekali lagi sesuai UU, itu ada UU JKN jaminan kesehatan nasional kemudian pelaksanaannya BPJS," tegasnya.

(okta)
Komentar