Pemilik Merek iFon Gugat iPhone

Senin, 03 November 2014 21:00
Pemilik Merek iFon Gugat iPhoneilustrasi @ipadmini.it

Kembali ke tahun 2007 silam sebelum iPhone 3GS beredar dan menghipnotis para pecinta gadget dunia, iVoice Enterprises, sebuah produsen ponsel lokal asal India telah berencana meluncurkan sebuah smartphone dengan nama iFon (India Phone).

Bekerja sama dengan China dan Taiwan, iFon rencananya akan diluncurkan pada Mei 2007, dimana pada saat yang bersamaan Apple telah mengedarkan iPhone secara global dan masuk ke India pada 2009. Atas aksi serobot yang dilakukan Apple tersebut, pihak iFon berencana menyeret Apple ke meja hijau.

"Manufaktur dan desain ponsel dibuat oleh pihak ketiga di China dan Taiwan. Kami memang ingin membuat ponsel murah untuk negara India, dengan nama India Phone (iFon)," kata Balaji, dikutip dari Times of India.

Sebelumnya, pada tahun 2008, pihak Apple mengaku sempat meminta pihak terkait untuk menurunkan nama iFon karena kesamaan pengucapan dan membuat rancu. Namun pihak iFon mengelak karena iPhone belum mendapatkan perlindungan hak merek.

"Padahal kami sudah mengajukan daftar hak merek iFon pada Mei 2007, dimana saat itu Apple baru mengumumkan nama iPhone. Sementara mereka menjual iPhone di India pada 2009," ujar Direktur iVoice Venkateshwaran Vaiyapuri.

(okta)
Komentar