Korset Picu Masalah Kesehatan

Selasa, 04 November 2014 12:00
Korset Picu Masalah Kesehatanilustrasi @huffingtonpost.com

Korset merupakan tren fashion yang telah ada sejak berabad-abad yang lalu. Hingga kini korset masih terus berkembang dan dipercaya ampuh melangsingkan pinggang wanita. Tekhnik memodifikasi tubuh dengan korset ini dikenal dengan tightlacing.

Kini korset hadir dengan embel-embel korset kesehatan yang membuat wanita betah berjam-jam memakai pakaian ketat tersebut. Namun tahukah Anda jika korset juga memiliki efek samping kesehatan yang membahayakan?

"Penurunan berat badan tidak akan didapat dengan memakai korset. Itu hanya akan memberikan tampilan pinggang yang lebih kecil. Meskipun mungkin tampaknya membuat seseorang terlihat lebih ramping, tapi sebenarnya ini hanya ilusi visual sementara saja. Sebab ukuran pinggang tidak berkurang karena korset," ujar dr Manish.

Seperti yang dilansir Times of India, dr Orly Avitzur, seorang konsultan kesehatan pernah merawat remaja berusia 15 tahun yang mengidap infeksi kandung kemih, masalah pada saluran pencernaan, dan mengalami kerusakan pada sarafnya. Setelah diidentifikasi, ternyata penyakit tersebut muncul karena kebiasaan memakai korset secara terus menerus.

"Ketika kamu memakai baju yang terlalu ketat, kamu juga menekan saraf atau organ bagian dalam," ujar dr Orly.

Selain itu, efek samping akibat penggunaan korset secara berlebihan dapat menyebabkan sesak napas dan ketidaknyamanan saat bergerak. Saat wanita menggunakan korset, maka ia akan kesulitan bernafas, sehingga pasokan oksigen ke paru-paru berkurang, karena selama bernafas, oksigen hanya masuk sampai ke bagian atas paru-paru saja, sehingga menimbulkan munculnya lendir dan batuk. Selain itu, korset juga dapat mengganggu sistem pencernaan dengan cara menekan usus dan menimbulkan sembelit.

Untuk itu, dr Orly menyarankan agar meninggalkan tren penggunaan korset. Para wanita bisa beralih ke olahraga sejenis hula hoop jika ingin mendapatkan hasil yang sama dari apa yang ia dapatkan dari memakai korset. Lakukanlah olahraga menggunakan hula hoop 15 menit sehari, hasilnya Anda akan mendapatkan pinggang yang ramping. Jika memang lebih nyaman menggunakan korset, sebaiknya korset hanya di pakai 4-5 jam sehari.

Komentar