Presiden Jokowi Luncurkan Dua Kartu Sakti: KIP dan KIS Pukul 13.00 WIB

Senin, 03 November 2014 10:15
Presiden Jokowi Luncurkan Dua Kartu Sakti: KIP dan KIS Pukul 13.00 WIBPresiden Jokowi menunjukan Kartu Indonesia Sehat @kompas.com

Presiden Joko Widodo hari ini akan meluncurkan dua kartu dari program andalannya. Yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Peluncuran KIP dan KIS akan dilakukan di Kantor Pos Pasar Baru, Jakarta Pusat pada pukul 13.00 WIB, dilansir dari Republika, Senin (3/11).

Dalam peluncuran dua kartu sakti tersebut, Jokowi juga didampingi sejumlah menteri, di antaranya Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Sosial Khafifah Indar Parawansa, Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan, dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.

KIP dan KIS merupakan janji Jokowi-JK semasa kampanye Pilpres 2014 lalu. Dengan kartu tersebut, pemerintahan Jokowi-JK berkomitmen memberikan bantuan secara non tunai melalui layanan keuangan digital berbasis perbankan.

Seperti diketahui, Jokowi-JK menjanjikan program andalannya semasa kampanye pilpres lalu. Salah satunya dengan pemberian tiga kartu pelayanan kepada masyarakat. Tiga kartu itu adalah KIS, KIP dan Kartu Keluarga Sejahtera. Sebelumnya, saat mengunjungi pengungsi Sinabung beberapa waktu lalu, Jokowi telah mengenalkan KIP dan KIS.

Tidak hanya itu, jauh-jauh hari saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi telah menerapkan program Kartu Jakarta Sehat (KJS) dan Kartu Jakarta Pintar (KJP). Dua kartu tersebut juga telah terintegrasi dengan sistem perbankan tersebut kini diterapkan untuk skala nasional.

(Nay)
Komentar