Staf NASA Gadungan Tipu Jutaan Warga India

Kamis, 30 Oktober 2014 13:45
Staf NASA Gadungan Tipu Jutaan Warga IndiaArun P. Vijayakumar ngaku sebagai staf NASA @keralaonlinenews.com

Seorang pemuda India membuat geger seantero negeri setelah mengaku bekerja di Badan Antariksa Amerika, NASA. Pemuda 27 tahun bernama Arun P. Vijayakumar itu pun lantas menjadi buah bibir dan kerap diundang di acara televisi.

Namun, keberhasilan Arun sebagai staf NASA ternyata hanya isapan jempol semata. Padahal, sebelumnya ia telah menjadi headline pemberitaan hingga mendapat jamuan khusus dari Perdana Menteri Narendra Modi yang memuji keberhasilannya mengharumkan nama India di kancah internasional.

Salah satu media lokal yang tertipu terkait sepak terjang Arun di NASA adalah koran berbahasa Inggris, Deccan Chronicle. Koran tersebut bahkan menurunkan berita liputan khusus dan menyertakan judul "Perjuangan Arun, pemuda desa jadi ilmuwan NASA".

Menurut artikel tersebut, Arun yang berasal dari Kota Manimala, Negara Bagian Kerala itu berjuang dari nol sampai diterima kuliah di AS. Pada 2012, Arun mengklaim melanjutkan pendidikan di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Dari kampus itulah Arun mengaku berkenalan dengan ilmuwan kondang Barbara Lekso sehingga dapat rekomendasi bekerja di NASA.

Ironisnya, yang membongkar kebohongan Arun adalah orang tuanya sendiri. Mereka mengaku malu ketika buah hatinya membohongi masyarakat dan menjanjikan harapan kosong.

"Anak kami tidak memiliki kaitan apapun dengan NASA," ujar orang tua Arun di sebuah wawancara dengan televisi lokal.

Sementara itu, koran Deccan Chronicle yang tertipu mentah-mentah lantas menurunkan artikel yang mengupas tuntas sosok Arun sang staf NASA gadungan. Dalam tulisannya, Deccan Chronicle menyebutkan, Arun sebenarnya cukup pintar, ia merupakan mahasiswa jurusan fisika di Royal University of Bhutan, dan sempat setahun jadi dosen muda di sana mulai Juli 2013. Yang jadi masalah, ia tidak memiliki catatan pernah ke luar negeri.

Kebohongan Arun semakin terbongkar ketika sejumlah orang berusaha mencari namanya di situs resmi NASA maupun akun media sosialnya namun tidak menemukan keterkaitan antara Arun dan NASA. Demikian dilansir dari Business Insider, Kamis (30/10).

(Nay)
Komentar