Temui Pengungsi Sinabung, Jokowi Bagikan Bantuan Rp 500 Ribu dan Nomor HP

Kamis, 30 Oktober 2014 11:30
Temui Pengungsi Sinabung, Jokowi Bagikan Bantuan Rp 500 Ribu dan Nomor HPPresiden Jokowi menemui warga pengungsi bencana Gunung Sinabung @kompas.com

Presiden Joko Widodo menepati janjinya mengunjungi pengungsi letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Rabu (29/10) kemarin. Saat menjumpai warga di pengungsian, Jokowi membagikan nomor telepon miliknya agar warga bisa berkirim pesan singkat secara langsung jika ada program atau infrastruktur bagi pengungsi yang terhambat.

"Sudah ada programnya, pembangunan jalan ke relokasi. Dilihat kalau belum jalan sms ke saya. Tahu nomor telepon saya?," kata Jokowi saat mengunjungi tempat pengungsian warga di Gereja Batak Karo Protestan di Jalan Raya Kutacane, Kabanjahe.

"08122600960, sudah dicatat?, yang tidak mencatat juga tidak apa-apa," lanjut Jokowi, dilansir dari Merdeka, Rabu (29/10).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menegaskan saat ini yang menjadi prioritas adalah relokasi bagi warga pengungsi yang belum bisa pulang akibat letusan gunung yang masih terjadi.

"Di sini sudah berapa bulan? anak-anak apa sudah sekolah semua? ini satu-satu diselesaikan. Dua tiga hari ini jalanan sudah mulai diperbaiki dan kita harapkan bisa relokasi nanti tapi yang belum nanti dulu."

"Yang kedua memang solusinya relokasi, kalau meletusnya lama, bapak ibu sekalian memang belum mendapatkan kepastian. Nanti setelah relokasi, lahan yang di kaki gunung tetap milik bapak ibu," lanjutnya.

Jokowi pertama kali mengunjungi Posko Utama di Rumah Dinas Bupati Kabupaten Tanah Karo, setelah itu, didampingi Ibu Negara Iriana, Jokowi menuju tempat pengungsian di Gedung KNPI Kabanjahe, Gedung Gereja Batak Karo Protestan, pengungsian di Gedung Universitas Karo Kabanjahe dan terakhir mengunjungi lokasi pengungsian warga di daerah Guru Kinayan.

Kepada warga pengungsi, Jokowi menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp 500.000 per KK serta menyerahkan paket berupa buku, peralatan sekolah dan juga masing-masing kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar untuk setiap kepala keluarga.

Dalam kunjungannya ke Sinabung, Jokowi turut didampingi Gubernur Sumatera Utara Gatot Pudjo Nugroho dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Setelah itu, Jokowi mengakhiri kunjungannya di daerah Guru Kinayan pada pukul 17.45 WIB. Jokowi beserta rombongan dari Kabanjhe menuju Medan dengan perjalanan dua jam dan kemudian bertolak kembali ke Jakarta.

(Nay)
Komentar