Blitab, Tablet Braille Bagi Tunanetra

Selasa, 28 Oktober 2014 08:30
Blitab, Tablet Braille Bagi TunanetraBlitab @Blitab.com
Kristina Tsvetanova, mahasiswi teknik Universitas Sofia, Bulgaria telah mengembangkan sebuah tablet braillepertama yang dikhususkan untuk penyandang tunanetra. Tablet yang diberi nama Blitab tersebut nantinya bakal menyuguhkan huruf braille yang bisa diraba.

"Saya baru menyadari bahwa ternyata selama ini kita begitu mudah bekerja dan berkomunikasi dengan teknologi. Namun ada kelompok tertentu yang mengalami keterbatasan karena kondisi fisiknya," ujar Kristina.

Awalnya, wanita yangt engah menyelesaikan pendidikan Master tersebut terinspirasi dari tunanetra yang saat ini sudah banyak memanfaatkan teknologi untuk membantu aktivitas rutin, baik belajar ataupun bekerja seperti teknologi pembaca layar (screen reader) yang dapat mengubah teks menjadi suara.

Dengan dibantu pendanaan oleh pemerintah, Kristina kini telah berhasil menciptakan protype dari tablet braille pertama di dunia yang akan mengusung layar yang bisa diraba. Melalui sebuah software khusus, informasi yang disajikan akan ditampilkan dalam bentuk huruf braille yang menonjol di atas tablet.

"Nanti akan ada semacam silinder atau bulatan kecil yang akan muncul di layar tablet, jadi tunanetra dapat merabanya seperti membaca huruf Braille," jelas Kristina. ujar Kristina, dikutip dari Blitab.com.
(ec)
Komentar