Reyhaneh Jabbari, Wanita Iran Korban Pemerkosaan Dihukum Gantung

Senin, 27 Oktober 2014 14:00
Reyhaneh Jabbari, Wanita Iran Korban Pemerkosaan Dihukum GantungReyhaneh Jabbari dihukum gantung usai membunuh pelaku pemerkosaan @inquisitr.com

Reyhaneh Jabbari memberikan kesaksian atas kasus pemerkosaan yang menjeratnya di pengadilan di Iran, Sabtu (25/10/2014). Namun, hakim justru menjatuhkan hukuman gantung pada wanita 26 tahun itu karena terbukti membunuh sang pemerkosa, Morteza Abdolali.

Padahal, tindakan Reyhaneh Jabbari dinilai oleh aktivis hak asasi manusia sebagai aksi membela diri.

Sementara itu, PBB menyebut Jabbari mendapat diskriminasi selama persidangan berlangsung. Kementerian Luar Negeri Amerika mengaku keberatan dengan proses persidangan tersebut.

"Kami melihat ada yang tidak beres dengan keadilan dan situasi dalam kasus tersebut, termasuk pengakuan yang dibuat di bawah tekanan," ujar juru bicara Kemenlu AS Jen Psaki, seperti diwartakan CNN.

"Kami mengutuk eksekusi Reyhaneh Jabbari, seorang perempuan Iran yang divonis bersalah membunuh pemerkosanya. Ia mengaku menusuk (Sarbandi) untuk membela diri saat serangan seksual terjadi," sambung dia.

Meski demikian, Jabbari tetap dieskusi walaupun mendapat tekanan dari dunia internasional. Wanita tersebut telah dijatuhi hukuman gantung , dan telah dieksekusi mati kemarin.

(Nay)
Komentar