Minyak Zaitun, Cara Sehat Makan Gorengan

Jum'at, 24 Oktober 2014 13:15
Minyak Zaitun, Cara Sehat Makan GorenganMinyak Zaitun @tradelight.org

Kuliner di Indonesia memang tak bisa jauh dari namanya penggorengan dan minyak. Gorengan merupakan jajanan yang sangat populer bagi semua kalangan masyarakat. Umumnya di Indonesia masyarakatnya masih menggunakan Palm oil atau minyak kelapa sawit.

Padahal selain palm oil, olive oil atau minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mengolah makanan dan terbukti lebih banyak memberikan manfaat kesehatan.

Seperti yang dilansir dari Antara, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam ACS Journal of Agricultural and Food Chemistry melaporkan bahwa minyak zaitun merupakan satu-satunya minyak yang stabil untuk menggoreng dalam suhu 160 hingga 190 derajat celcius dan mampu mempertahankan kualitas dan gizi yang lebih baik daripada minyak yang terbuat dari biji-bijian.

Hal tersebut berdasarkan sebuah penelitian yang di latar belakangi olef fakta bahwa minyak dari biji-bijian seperti Palm oil atau minyak kelapa sawit kualitasnya akan menurun pada saat dipanaskan dan malah dapat menyebabkan pembentukan senyawa baru yang berpotensi beracun. Selain itu minyak dari biji-bijian juga terbukti dapat menurunkan nilai gizi makanan yang digoreng.

Inilah yang menyebabkan banyak pakar menyarankan agar minyak kelapa sawit seharusnya hanya digunakan sekali proses penggorengan saja. Pastikan untuk mengganti minyak dengan yang baru karena minyak kelapa sawit yang dipanaskan berkali-kali justru mengandung senyawa beracun pemicu kanker.

(okta)
Komentar