Howard Jones Temukan Harta Karun Dengan Google Earth!

Kamis, 23 Oktober 2014 16:15
Howard Jones Temukan Harta Karun Dengan Google Earth!Howard Jones @Mirror.co.uk

Hingga kini, masih banyak ditemukan orang-orang yang sibuk mencari harta karun. Salah satu harta karun tersebut adalah benda-benda peninggalan zaman prasejarah yang tersembunyi di dalam tanah. Howard Jones merupakan salah satu pemburu harta karun tersebut.

Howard merupakan seorang mantan marinir Inggris yang melakukan perburuan harta karun dengan cara yang lebih modern. Berbeda dengan Arkeolog yang menerapkan ilmu arkeologi dan geologi untuk menemukan benda-benda bersejarah, Howard justru menggunakan teknologi Internet.

Ia berupaya membuktikan bahwa di zaman secanggih sekarang ini semua hal bisa dilakukan dengan internet. Salah satunya berburu harta karun. Dengan menggunakan bantuan Google Earth, Howard berhasil menemukan sebuah lokasi harta karun di daerah South Ham, Inggris. Di lokasi tersebut ia menemukan beberapa pecahan logam dan gerabah dari zaman perunggu atau sekitar 5000 tahun yang lalu.

Seperti yang dilansir Dailymail, dalam aksinya, Howard mengamati gambar-gambar dari satelit Google Earth dan memperkirakan lokasi-lokasi yang kemungkinan menjadi tempat pemukiman manusia purba. Dalam ilmu arkeologi, lingkungan geografis merupakan faktor terbentuknya sebuah kebudayaan, salah satunya ditandai dengan ketersediaan air dan sumber makanan.

Benar saja, dengan menerapkan pengetahuan tersebut ia mulai meminta izin untuk melakukan penelitian di daerah tersebut. Berbekal mesin pemindai logam atau metal detector ia berhasil menemukan benda-benda dari zaman Romawi di Inggris dari masa 1500-2000 tahun silam.

Mengetahui hal tersebut, Bill Horner, salah seorang Arkeolog membantu Howard untuk menemukan penemuan harta karun yang lebih banyak lagi dengan bantuan peralatan pemindai tanah yang lebih canggih dan berhasil menemukan dua buah bangunan yang terkubur di dalam tanah. Bangunan-bangunan tersebut dipercaya sebagai bangunan pertanian dari zaman perunggu atau zaman besi.

Berkat penemuan tersebut, Februari 2015 mendatang, Howard dan Bill berencana melakukan penelitian lanjutan dalam skala besar. Mereka yakin bahwa temuan-temuan kecil yang mereka dapatkan saat ini akan menuntunnya ke penemuan-penemuan yang lebih besar lagi.

(okta)
Komentar