Penjualan Merosot, iPad Makin Tidak Menarik?

Kamis, 23 Oktober 2014 09:00
Penjualan Merosot, iPad Makin Tidak Menarik?Tim Cook @recode.net

Setelah sebelumnya sukses merilis iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Kamis, (16/10/2014), Apple inc. memperkenalkan beberapa device terbarunya, antara lain iPad Air 2, ipad Mini 3 dan iMac Retina Display.

Menurut laporan yang ditulis Steve Kovach dari Business Insider, penjualan iPhone di Q3 2014 mengalami peningkatan yang signifikan. Apple diketahui tengah berhasil menjual 39,3 juta unit iPhone, melampaui prediksi analis yang memasang target angka penjualan sebanyak 38 juta unit.

Sedangkan kabar pahit datang pada penjualan iPad. Hal ini dikarenakan penjualan tablet iPad tercatat mengalami penurunan 8%. Di Q3 2014 ini, Apple diketahui telah menjual hanya 12,3 unit iPad saja. Angka tersebut di bawah target Apple yang mencapai 13 juta unit.

Penyebab utama merosotnya angka penjualan iPad pada quartal ketiga tahun ini diduga karena pengguna merasa tidak perlu meng-upgrade perangkat iPad mereka. Seperti yang diketahui, Apple memang tak memberikan banyak perubahan apda generasi keenam iPad tersebut. Bahkan, iPad Mini 3 hanya mendapatkan tambahan fitur Touch ID, selebihnya pengguna iPad generasi lawas bisa mendapatkan fitur pada iPad generasi terbaru dari upgrade OS.

Selain itu, para pengguna iPhone juga diketahui lebih sering melakukan sinkronisasi iPhone mereka langsung dengan komputer Mac (MacBook atau iMac) dibandingkan dengan iPad.

"Orang-orang akan menyimpan iPad mereka lebih lama dibandingkan iPhone. Kami baru memasuki bisnis ini (tablet) selama empat tahun, terkadang kami belum mengerti siklus upgrade pengguna tablet seperti apa," ujar CEO Apple Tim Cook.

(okta)
Komentar