Putri Kedua Jokowi, Kahiyang Ayu Ikuti Tes CPNS Pemkot Solo

Selasa, 21 Oktober 2014 21:15
Putri Kedua Jokowi, Kahiyang Ayu Ikuti Tes CPNS Pemkot SoloKahiyang diapit orang tuanya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana @timlo.net

Meskipun menyandang status putri orang nomor satu di Indonesia, Kahiyang Ayu tidak berusaha mendompleng nama ayahnya. Ya, Kahiyang Ayu, putri Presiden Jokowi diketahui terdaftar sebagai peserta CPNS Kota Solo.

Kahiyang dijadwalkan mengikuti tes tertulis dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), Kamis 23 Oktober 2014. Bertempat di Bakorwil Jawa Tengah.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala BKD Solo Hari Prihatno yang mengatakan jika putri pasangan Jokowi dan Iriana itu lolos tes seleksi administrasi. Selanjutnya akan mengikuti tes tertulis lanjutan.

Menurut Hari Priatno, pihaknya mengatakan tidak memberikan keistimewaan meski peserta CPNS merupakan anak orang nomor satu sekalipun.

"Kalau dia mau ikut tes seleksi jadwalnya pada hari Kamis tanggal 23 Oktober mendatang. Tapi kalau dia mau berangkat lho, karena itu merupakan hak pribadi untuk ikut tes atau tidak," kata Hari di Solo, Selasa (21/10), dilansir dari Liputan6.

Hari menambahkan, Kahiyang mengikuti seleksi untuk formasi Pemeriksa Pertama di lingkungan Pemkot Solo. Formasi tersebut memang ditujukan untuk umum, sementara Kahiyang merupakan lulusan Teknologi Pangan.

Diketahui Kahiyang merupakan lulusan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. Putri kedua Jokowi itu diwisuda pada 7 Desember 2013 lalu.

Hari kembali menegaskan, berdasarkan instruksi Walikota Solo, tidak ada perlakuan khusus terhadap Kahiyang.

"Dari kami maupun dari arahan Pak Walikota Solo bahwa tidak akan ada perlakuan khusus terhadap putri presiden," papar Hari.

Meski demikian, pihaknya tidak mengetahui jika akan ada paspampres khsusus untuk mengawal Kahiyang selama tes tertulis berlangsung.

"Sekali lagi tidak ada perlakuan khusus. Wong Pak Jokowi saja waktu menjabat sebagai walikota dulu paling nggak seneng kalau ada perlakuan khusus kepada keluarganya. Biasanya beliau tidak berkenan, jadi kami bisa memahaminya," tutur Hari.

Tes CPNS yang diikuiti Kahiyang telah berlangsung sejak 20 Oktober kemarin di Gedung Graha Bakorwil Surakarta. "Tes seleksi ini akan selesai pada tanggal 27 Oktober nanti," ujar Hari.

(Nay)
Komentar