Indonesia Sumbang Gaza Rp 1,2 Triliun

Senin, 13 Oktober 2014 14:30
Indonesia Sumbang Gaza Rp 1,2 TriliunBocah Gaza di reruntuhan bangunan akibat serangan Israel @haaretz.com

Indonesia berjanji akan memberikan sumbangan untuk pembangunan Gaza sebesar US$ 1 juta atau setara Rp 1,2 triliun. Hal tersebut diumumkan dalam acara Konferensi Donor Internasional untuk Rekonstruksi Gaza di Kairo, Mesir.

Menurut Ketua Delegasi Indonesia, Wiwiek Setyawati Firman, menegaskan, Indonesia beserta negara lain berkomitmen mengawal perdamaian dan pembangunan di Jalur Gaza usai diserang Israel.

"Terkait pembangunan kembali Jalur Gaza, Indonesia memberi bantuan darurat sebesar satu juta dolar AS," kata Wiwiek yang juga Staf Ahli Menteri Luar Negeri Bidang Politik, Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), dilansir dari MetroTVNews, Minggu (12/10).

Meski demikian, Wiwiek mengeluhkan lambannya proses pencairan dana oleh Kementerian Keuangan. Padahal, proposal pengajuan dana sumbangan untuk Gaza telah disetorkan sejak Juli lalu.

Wiwiek menyebutkan, akibat serangan Israel itu, banyak warga Gaza terluka dan kehilangan tempat tinggal. Selain itu, banyak gedung dan fasilitas vital hampir tidak berbentuk.

Indonesia menjadi salah satu dari 50 negara yang hadir dalam konferensi itu. Setiap negara turut memberikan sumbangsihnya. Hingga saat ini, dilaporkan total donasi yang terkumpul untuk pembangunan Gaza mencapai Rp 61 triliun.

(BACA: Gaza Bangkit, Donasi Masyarakat Dunia Mencapai Rp 61 Triliun)

(Nay)
Komentar