Gaza Bangkit, Donasi Masyarakat Dunia Mencapai Rp 61 Triliun

Senin, 13 Oktober 2014 13:45
Gaza Bangkit, Donasi Masyarakat Dunia Mencapai Rp 61 TriliunKecerian bocah Gaza pasca invasi militer Israel @smpalestine.com

Donasi masyarakat dunia peduli Gaza hingga saat ini telah mencapai US$ 5 miliar atau setara Rp 61 triliun. Jumlah tersebut akan digunakan untuk merekontruksi sejumlah bangunan vital di Jalur Gaza atas serangan Israel.

Bantuan tersebut bergulir setelah konferensi rekontruksi Gaza dilakukan di Kairo, Mesir. Dalam kesempatan itu, Menteri Luar Negeri AS John Kerry, menyerukan perdamaian di Timur Tengah. Selain itu, kesepakatan damai antara Israel dan Palestina harus berlangsung abadi.

"Dari konferensi ini, harus datang bukan hanya bantuan (uang) melainkan komitmen baru," ujarnya, dilansir dari Reuters, Minggu (12/10).

Namun, perdamaian di Gaza sempat terancam batal sebab Israel menolak pakta perdamaian Palestina. Pasalnya, Israel menganggap Hamas akan melakukan perluasan wilayah yang menggusur pemukiman Israel.

Meski demikian, Kerry melanjutkan, pihaknya atas nama Presiden Barack Obama menudukung penuh hingga perdamaian di Timur Tengah bisa terwujud seperti keinginan mayoritas warga selama ini.

Terkait dengan bantuan tersebut, Amerika menyumbang US$ 212 juta atau setara Rp 2,6 triliun. Selain AS, sejumlah negara Arab juga memberikan bantuan, di antaranya, Qatar, Kuwait dan Uni Emirat Arab.

"Diperkirakan ada 18 ribu rumah dan infrastruktur hancur dalam perang tujuh pekan terakhir antara Israel dan kelompok militan Islam Palestina (Hamas)," ujar Kerry.

(Nay)
Komentar