Kapal Tanker Vietnam Dibajak Perompak Indonesia

Sabtu, 11 Oktober 2014 18:30
Kapal Tanker Vietnam Dibajak Perompak IndonesiaKapal tanker M. Star milik Perusahaan pelayaran Jepang Mitsui O.S.K. Lines @convenientflags.com

Sebuah kapal tanker berisi solar berbendera Vietnam diduga dibajak dalam perjalanan dari Singapura ke Indonesia. Namun kapal tersebut akhirnya dibebaskan pada Kamis (9/10) lalu.

Diduga pelaku pembajakan tersebut berkewarganegaraan Indonesia.

Seperti dilansir dari Associated Press, Deputi Kapten Pham Van Hoang menyebut kapal Sunrise 698 dibajak oleh sepuluh pria bersenjata api dan pisau. Mereka menaiki dua speedboat pada 2 Oktober lalu.

Pembajakan itu terjadi di perairan Laut Cina Selatan sekitar 150 kilometer dari ujung selatan Vietnam, atau beberapa jam setelah meninggalkan pelabuhan di Singapura. Kapal yang memuat 5.000 ton minyak itu seharusnya tiba di Vietnam Rabu (8/10) kemarin.

"Mereka menodongkan pisau dan mengancam akan membunuh kami," ujar Hoang.

Para pembajak menghancurkan sistem komunikasi dan navigasi sebelum menyekap kru kapal di sebuah ruangan. Saat itulah semua muatan dicuri.

Beruntung tidak ada kru yang meninggal, namun seorang awak dilaporkan mengalami patah tulang pada kakinya.

Setelah perompak pergi, kru meminta bantuan kepada sebuah kapal penangkap ikan yang melintas. Kapal milik Hai Phong Sea Products Shipbuilding Co ini kemudian didampingi hingga pantai sambil menunggung tim penyelamat tiba.

(Nay)
Komentar