Apple dan BlackBerry Larang Simpan Ponsel Dalam Saku

Sabtu, 11 Oktober 2014 17:30
Apple dan BlackBerry Larang Simpan Ponsel Dalam Sakuilustrasi @foxnews.com

Melihat maraknya kasus meledaknya ponsel dan melukai penggunanya, para produsen gadget dunia bereaksi dengan mengatakan hal tersebut sebagai kelalaian pengguna.

Sesuai dengan standard keamanan komisi telekomunikasi federal Amerika Serikat (FCC). yang menganjurkan bahwa paparan frekuensi radio dalam perangkat ponsel tak boleh lebih dari 1,6 watt energi frekuensi radio per kilogram jaringan tubuh manusia.

Beberapa insiden yang menimpa para iPhone fanboy seperti meledaknya iPhone dan bengkoknya iPhone 6 membuat Apple bereaksi dengan mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan peringatan untuk tidak menyimpan device di dalam saku.

Melalui buku panduan penggunaan iPhone, Apple telah menuliskan anjuran penyimpanan iPhone yang benar yakni dengan jarak sekitar 10 milimeter dari tubuh mereka. Menyimpan ponsel dalam saku sangat tidak dianjurkan karena jarak antara ponsel dengan tubuh sangat dekat.

Senada dengan Apple, BlackBerry juga telah menganjurkan penggunanya untuk tidak menyimpan ponsel mereka di dalam saku. Bahkan di dalam buku panduannya, BlackBerry menganjurkan penggunanya untuk meletakkan ponsel dalam sarung khusus sehingga jarak antara ponsel dengan tubuh sekitar 25 milimeter.

Seperti yang dilansir Newsweek, jarak yang disarankan oleh perusahaan asal Waterloo, Canada ini bertambah bagi penggunanya yang tengah hamil, karena dapat membahayakan kondisi janin dalam kandungan.

Meski telah mengikuti standard komisi telekomunikasi federal Amerika Serikat (FCC), namun hingga kini pihak FCC hanya mengukur tingginya paparan frekuensi radio saat ponsel tidak digunakan. Pihaknya belum menunjukkan simulasi pengujian ketika ponsel digunakan untuk menelepon.

(okta)
Komentar