Alasan Kafein Kopi Bikin Ketagihan

Sabtu, 11 Oktober 2014 16:45
Alasan Kafein Kopi Bikin Ketagihanilustrasi @onlinepsychologydegree.net

Kopi selalu identik dengan pengusir kantuk dan penambah konsentrasi saat bekerja. Tak jarang seseorang menjadi kecanduan dan tak bisa berkonsentrasi secara maksimal tanpa kopi.

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Molecular Psychiatry melansir rahasia dibalik efek kafein yang membuat peminumnya ketagihan dengan membandingkan sampel DNA pada lebih dari 120.000 pria dan wanita pecinta kopi di Eropa dan Afrika-Amerika. DNA mereka kemudian dibagi menjadi dua varian genetik.

"Kelompok pertama berhubungan dengan metabolisme kafein. Sedangkan kelompok kedua, lebih kepada dampak dari kafein. Hasilnya, kedua kelompok menunjukkan metabolisme energi," kata peneliti, dikutip dari Cosmopolitan.

Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa kebutuhan tubuh akan kafein menyebabkan semua orang bisa menyukai kopi. Tak peduli kelompok genetika dalam tubuh peminumnya. Semua orang membutuhkan kafein yang bisa dengan mudah di dapatkan dari mengonsumsi kopi.

Namun, peneliti menyarankan agar mengonsumsi kopi tanpa gula. Sebab kopi murni bisa mencegah beragam penyakit seperti jantung dan kanker. Peneliti sebelumnya juga menyarankan untuk meminum kopi maksimal 4 gelas dalam sehari untuk mencukupi kebutuhan kafein dalam tubuh.

(okta)
Komentar