Kafe Skipchen Sajikan Makanan dari Sampah

Jum'at, 10 Oktober 2014 21:00
Kafe Skipchen Sajikan Makanan dari SampahPengelola Skipchen mengolah masakan dari bahan makanan sisa @bbc.com

Para aktivis pemerhati lingkungan dan makanan di Stokes Crof mendirikan kafe Skipchen yang menyajikan makanan dari bahan daur ulang alias sampah.

"Kami melihat mereka membuang makanan kadaluarsa dan kami langsung mengambilnya, memasukkannya ke lemari es," jelas manajer kafe, Sam Joseph, dikutip dari BBC, Jumat (10/10).

Menu yang disajikan selalu berubah setiap harinya, tergantung bahan makanan yang tersedia. Uniknya, makanan yang dipesan tidak dilabeli harga. Pelanggan bisa membayar secara sukarela.

"Orang dari berbagai latar belakang datang ke kafe, dan duduk di dua meja panjang. Jadi Anda bisa melihat pengusaha duduk di samping seorang tuna wisma di jam makan siang," kata Joseph.

"Orang kadang berpikir mereka akan merebut jatah makanan orang yang lebih membutuhkan, kalau mereka datang ke kafe kami. Tapi sejujurnya ada banyak sekali makanan yang kami miliki untuk semua orang," jelas dia.

Untuk memastikan cadangan bahan makanan aman, kafe itu telah berkeja sama dengan jaringan makanan cepat saji Nandos untuk mengambil kelebihan daging ayam.

Restoran unik ini buka setiap Senin hingga Jumat mulai pukul 09.00 hingga 15.30 sore waktu setempat.

Selain di Bristok, kafe dengan konsep serupa juga terdapat di Somerville Massachusetts, Amerika Serikat.

Kafe tersebut digagas oleh mahasiswa Tufts University, Maximus Thaler. Menu yang disajikan pun tergantung dari bahan sisa yang ditemukan di tong sampah, termasuk daging, ikan dan sayuran.

(Nay)
Komentar