Waspada, Penjahat Intai Rumah Anda Dengan Google Street View!

Kamis, 09 Oktober 2014 16:30
Waspada, Penjahat Intai Rumah Anda Dengan Google Street View!Google Street View menangkap gambar rumah tanpa izin @dailymail.co.uk

Google Street View telah hadir di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Bali. Meski banyak disambut baik oleh pengguna di Indonesia, namun belakangan banyak pengguna yang mengajukan komplain.

Hal ini dikarenakan, para pengguna tak hanya bisa melihat peta yang menampilkan nama jalan, tapi juga gedung, kontur, melainkan juga rumah seseorang secara detail dari bangunan dan akses jalan.

para pengguna Google Street View mulai khawatir jika hal ini akan dimanfaatkan orang-orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan yang tidak diinginkan. Para pengguna merasa bahwa Google telah mengganggu privasi mereka dan mengambil gambar rumahnya tanpa seizin pemilik rumah.

"Awalnya saya merasa senang, rumah saya tampil di Google Street View. Tapi lama-kelamaan, saya merasa khawatir karena takut ada orang yang tak bertanggung jawab mengintai rumah saya. Apalagi, di dalam Google Street View, rumah saya bisa dilihat dari berbagai sisi," ujar Mudaris yang rumahnya terlihat di Google Street View kepada Liputan6.com.

Google Street View

Tak hanya di tanah air, protes terhadap fitur Google yang mengancam keamanan ini juga banyak dikeluhkan oleh penggunanya di beberapa negara. Salah satunya di Pittsburg, Amerika Serikat. Seorang pasangan suami istri ini merasa terganggu karena rumah yang semula dibeli untuk privasi keluarga menjadi konsumsi publik di Google Street View.

Tak hanya di Amerika Serikat, pengguna Google Street View di Selandia Baru, Hongkong, dan Korea Selatan juga telah melaporkan pelanggaran privasi ini kepada pihak berwajib. Mereka menduga mobil Street View telah mengumpulkan data ilegal yang di-intercept di area jaringan Wi-Fi tidak aman.

Menanggapi isu tersebut, pihak Google akhirnya menindak lanjuti dengan memperbolehkan pengguna melaporkan gambar yang tak pantas untuk dihapus. Pihaknya juga berjanji akan tidak akan menayangkan data foto Google Street View secara real time.

(okta)
Komentar