Tips Menghadapi Pacar Yang Ketahuan Selingkuh

Rabu, 08 Oktober 2014 10:00
Tips Menghadapi Pacar Yang Ketahuan Selingkuhilustrasi @conflictcoachingsolutions.com

Selingkuh merupakan penyebab utama retaknya setiap hubungan percintaan. Namun tahukah Anda jika pasangan selingkuh bukan berarti kesalahan sepenuhnya ada pada pasangan. Anda juga bisa menjadi pemicu terjadinya perselingkuhan.

Saat mengetahui pasangan Anda selingkuh, marah bukanlah merupakan jalan keluar. Terutama ketika menuduh pasangan Anda dengan ucapan kasar, bukan solusi yang didapatkan, melainkan hubungan yang kandas di tengah jalan.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika mengetahui pasangan Anda selingkuh:

1. Self control

Wajar bagi Anda merasa emosi setelah mengetahui orang yang Anda sayangi mencari perhatian dan kasih sayang kepada orang lain. Namun, meluapkan emosi secara langsung bukanlah hal yang dibenarkan. Lakukan self control atau pengendalian diri dengan mencari tahu alasan kenapa pacar Anda berselingkuh, salah satunya dengan cara introspeksi diri.

Ketika Anda merasa sedikit dingin, Anda bisa mengajak berbicara pasangan secara baik-baik. Dengan self control maka kalimat yang Anda ucapkan akan lebih bijaksana dan terkesan tak menyudutkannya. Sehingga Anda berdua bisa mendapatkan solusi dari permasalahan yang melatar belakangi perselingkuhan.

2. Dengarkan penjelasannya

Salah satu tanda pasangan yang baik adalah mau mendengarkan pasangannya. Terutama saat Anda mengetahui pasangan Anda selingkuh, maka berilah kesempatan dia untuk menjelaskan. Selama berdiskusi dengannya, tahan emosi Anda.

Ajaklah pasangan Anda untuk duduk dan berdiskusi, saling mendengarkan penjelasan satu sama lain bisa membuat komunikasi dengan pasangan semakin baik.

3. Pertimbangkan baik-baik

Setelah Anda melakukan self control dan mendengarkan alasan pasangan berselingkuh, maka Anda bisa memberikan keputusan, apa memang mau melanjutkan hubungan atau tidak? Jika iya, maka Anda bisa berdiskusi dan saling berkomitmen agar perselingkuhan tidak kembali terjadi di masa mendatang.

4. Berubah

Ketika Anda berdua memutuskan untuk melanjutkan hubungan pasca perselingkuhan, maka Anda berdua telah saling tahu dimana letak kesalahan. Setelah saling introspeksi, Anda berdua harus berubah. Buat perubahan yang diharapkan dan disepakati tersebut dalam bentuk sikap dan tindakan yang konkret dengan membuka lembaran baru.

(okta)
Komentar